Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Juru Parkir Minimarket Dianggap Bikin Resah, Sebenarnya Resmi atau Liar?

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Sabtu, 3 Juli 2021 | 19:20 WIB
Ilustrasi parkir di minimarket
Facebook/Atep Nurdin
Ilustrasi parkir di minimarket

GridOto.com - Keberadaan juru parkir di minimarket terkadang membuat pengendara jengkel, tapi di satu sisi dibutuhkan untuk mengatur perparkiran.

Juri parkir minimarket di kota-kota besar umumnya bertugas untuk memarkirkan kendaraan, membantu keluar masuknya kendaraan, dan menjaga kendaraan tetap aman.

Sebagai balasan dari jasa pelayanannya, konsumen biasanya diminta atau memberi upah kepada si juru parkir.

Meski perilaku saling butuh ini sudah berjalan lama, tapi kenyataannya masih banyak konsumen yang mengeluhkan soal keberadaan juru parkir di minimarket.

Baca Juga: Dianiaya Oknum Juru Parkir Liar di Minimarket, YLKI: Bisa Minta Pertanggungjawaban Pengelola Retail

Disampaikan oleh Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Perparkiran (UPP) Dishub DKI Jakarta, Dhani Grahutama, memang sebagian besar kebanyakan parkir-parkir di minimarket itu tidak ada izinnya.

"Jadi kalau sesuai Pergub kalau kita punya lahan parkir, minimal lima satuan ruang parkir (SRP) Peraturan Gubernur No. 102 Tahun 2013 bisa berizin resmi," ujar Dhani saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (3/6/2021).

"Mau itu di depan kiosnya dia atau di depan rumah tokonya atau minimarket seharusnya dia bisa ada izinnya, tetapi yang terjadi memang sebagian besar itu tidak berizin," sambungnya.

Dikatakan oleh Dhani, ada beberapa lokasi yang memang ada petugas atau jukir binaan di minimarket, dan lebih banyak yang tidak ada.

Baca Juga: Juru Parkir Liar Menjamur di Gerai Minimarket, Begini Tanggapan Manajemen Alfamart

"Akhirnya dari situ menjadi kami dalam tanda kutip diam, seperti itu kondisinya, jadi kebanyakan parkir di minimarket itu liar," kata Dhani.

"Sebagian di beberapa lokasi memang ada petugas kami, daripada tidak masuk jadi kami bina juru parkirnya supaya mereka mau menyerahkan sebagian pendapatannya menjadi pendapatan daerah," sebutnya lagi.

Disampaikan oleh Dhani, saat ini lebih banyak tempat parkir minimarket yang dikelola oleh pihak lain.

"Mungkin lebih banyak yang tidak dikelola oleh kami, kebanyakan mungkin dikelola oleh ormas-ormas, atau pemuda setempat, atau mungkin kerjasama dengan RW setempat, seperti itu kebanyakan kondisinya," tukas Dhani.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa