Harga Kampas Rem Honda PCX Tipe CBS Lebih Mahal dari ABS, Kok Bisa?

Muhammad Farhan - Rabu, 30 Juni 2021 | 19:20 WIB
Sekilas mirip, kaliper rem depan antara Honda PCX 160 ABS (kiri) dan CBS (kanan) berbeda
Farhan
Sekilas mirip, kaliper rem depan antara Honda PCX 160 ABS (kiri) dan CBS (kanan) berbeda

GridOto.com – Banyak yang penasaran, kok bisa harga kampas rem Honda PCX tipe CBS atau Combi brake system lebih mahal dari tipe ABS?

Sebab dari banderol harga motornya sendiri, harga tipe ABS punya selisih lebih mahal beberapa juta rupiah dari tipe CBS.

Seperti pada Honda PCX 160 misalnya, hal ini karena rem tipe ABS bekerja menggunakan modul khusus serta dibekali fitur kontrol traksi.

“Buat yang belum tahu, PCX tipe CBS dan ABS menggunakan spesifikasi kaliper yang berbeda. Makanya kampas rem yang dipakai serta harganya juga berbeda,” jelas Anggi Rizky, kepala mekanik AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Awas! Sering Menahan Rem Belakang di Motor Matic Bikin Part Ini Rusak

Sebagai informasi, kaliper rem depan antara Honda ADV150, PCX 150 dan PCX 160 memakai kaliper yang sama masing-masing tipenya.

Pada tipe CBS, kaliper rem depan yang digunakan punya fisik lebih besar dengan 3 piston dan dua lubang slang rem untuk fitur combi brake.

Kampas rem Honda PCX tipe CBS (kiri) ABS (kanan)
Farhan
Kampas rem Honda PCX tipe CBS (kiri) ABS (kanan)

Sedangkan tipe ABS, kaliper rem depan yang dipakai pakai spek 2 piston dan satu lubang slang rem seperti kaliper motor pada umumnya.

“Karena piston di kaliper rem CBS lebih banyak, area tapak kampas rem yang dipakai juga lebih lebar. Makanya harga kampas rem CBS lebih mahal dari ABS,” lengkapnya.

Baca Juga: Bukan Bikin Rem Lebih Pakem, Ternyata Ini Fungsi ABS di Rem Motor


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa