Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kesalahan Saat Pakai Motor Kopling Manual Ini Bisa Mengundang Celaka

Muhammad Farhan - Senin, 21 Juni 2021 | 13:40 WIB
Ilustrasi motor sedang bermanuver di tikungan
Pradana/GridOto.com
Ilustrasi motor sedang bermanuver di tikungan

GridOto.com – Awas, beberapa kesalahan saat menggunakan kopling motor manual bisa membuat komponen gampang aus dan mengundang celaka.

Sengaja atau tidak, kesalahan umum ini bisa dilakukan oleh pemula yang pakai motor kopling atau yang sudah mahir sekalipun.

Pertama adalah soal tuas kopling, disarankan untuk tidak dipegang selain saat ingin oper gigi atau saat motor ingin berhenti.

“Meskipun motor sedang melaju dan tidak sedang oper gigi, sebagian orang masih ada yang terbiasa pegang tuas kopling,” terang Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana Honda.

Baca Juga: Cara Periksa Kondisi Kampas Kopling Tanpa Bongkar Bak Kopling

Padahal jika tidak sengaja tertekan bisa mengakibatkan kampas kopling aus dan gosong, serta bikin tenaga motor tidak tersalurkan maksimal ke roda belakang.

Selain itu, kesalahan lain yang mungkin dilakukan sebagian bikers adalah menurunkan gigi atau melakukan engine brake pada saat menikung.

Handle kopling terasa lebih ringan karena adanya assist & slipper clutch
Dok. Otomotif
Handle kopling terasa lebih ringan karena adanya assist & slipper clutch

“Kebiasaan ini membahayakan pengendara dan bisa mengakibatkan kecelakaan, sebab roda motor rentan tergelincir kalau gigi diturunkan ketika motor bermanuver,” lengkapnya.

Roda motor bisa terkunci dan selip, laju motor pun jadi sulit dikendalikan karena efek engine brake yang besar ketika kalian melakukan penurunan gigi persneling.

Baca Juga: Awas! Ini Penyebab Kampas Kopling Motor Cepat Gosong

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa