Tips Beli Motor Bekas Jenis Honda BeAT, Ini Penyebab Speedometer Tidak Berfungsi

Muhammad Farhan - Senin, 21 Juni 2021 | 09:40 WIB
Speedometer Honda BeAT Street
Dok. GridOto
Speedometer Honda BeAT Street

GridOto.comTips beli motor bekas, inilah beberapa penyebab fungsi penunjuk kecepatan atau speedometer di motor Honda BeAT tidak berfungsi.

Kalau speedometer enggak berfungsi, odometer atau indikator jarak tempuh yang dicapai motor juga ikut berhenti meski motor sedang berjalan.

Selain bikin sulit memantau kecepatan motor saat dikendarai, tentunya hal ini merepotkan karena jarak tempuh motor jadi enggak tercatat dengan akurat.

“Baik pada Honda BeAT lawas dengan sistem gigi nanas atau keluaran baru dengan speed sensor, masalah ini bisa terjadi,” terang Nurjito, Kepala Bengkel AHASS Wahana Artha, Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Indikator Bensin di Speedometer Berkedip Terus, Ternyata Ini Penyebabnya

Pada Honda BeAT karburator dan BeAT FI, penyebabnya karena kabel speedometer putus atau girboks gigi nanas di roda depan aus.

“Kalau kabel speedometer putus atau gigi nanas aus ini penyebab umumnya karena pemakaian, cukup diperiksa kondisinya dan diganti bagian yang rusak,” jelasnya.

Gearbox speedometer yang kotor bikin speedometer naik turun
Dok. GridOto
Gearbox speedometer yang kotor bikin speedometer naik turun

Sedangkan pada Honda BeAT FI eSP, hal ini disebabkan oleh speed sensor di girboks roda belakang rusak atau masalah di kabel speedometer.

“Speed sensor jarang rusak, seringnya karena soket sensor posisinya kendur, kabel terjepit atau putus. Solusinya kabel diperbaiki dengan cara disambung ulang dan dirapikan,” lengkap Nurjito.

Disini letak speed sensor motor matic Honda
Farhan
Disini letak speed sensor motor matic Honda

Baca Juga: Pasang Antigores di Spidometer Motor, Cegah Retak dan Lecet


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa