Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Strategi Kemenperin Hadapi Era Industri 4.0, Sebut Industri Otomotif Punya Peran Penting Terhadap Hal Ini

Wisnu Andebar - Sabtu, 29 Mei 2021 | 16:05 WIB
Ilustrasi industri otomotif
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi industri otomotif

GridOto.com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyebut pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap pemanfaatan teknologi digital di sektor industri.

"Pandemi Covid-19 telah mempercepat banyak tranformasi digital, rantai pasok yang otonom seperti smart factory, robot yang bekerja di gudang, truk tanpa kemudi, peningkatan jumlah pekerja jarak jauh, dan hal lainnya sudah mulai dirasakan di beberapa negara," kata Iskandar Zulkarnain, Ketua Komite Tetap Bidang Logistik dan Supply Chain (SC) KADIN dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Jumat (28/5/2021).

Iskandar menjelaskan, pemerintah Indonesia juga terus mendorong penerapan Industri 4.0 untuk merevitalisasi sektor manufaktur dalam negeri.

Agar industri 4.0 dapat diimplementasikan, tentunya dibutuhkan infrastruktur digital sebagai pendukung utamanya.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Insentif PPnBM Pengaruhi Produksi Dan Penjualan Mobil Baru, Meningkat Berapa Persen?

"Industri dengan penerapan teknologi digital yang kuat memungkinkan perusahaan berdaptasi dengan cepat pada seluruh bisnisnya, hal ini dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik pada waktu yang tepat," terangnya.

Menanggapi hal itu, Eko SA Cahyanto, Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan, memasuki revolusi industri 4.0 membuat banyak perubahan terhadap cara bekerja, keahlian yang dibutuhkan, serta perilaku konsumsi masyarakat.

Begitu juga dengan cara merancang, memproduksi, mendistribusi, dan memasarkan produk industri.

Ia menjelaskan, memasuki era industri 4.0 pada prinsipnya ialah perubahan peningkatan produktivitas dan efisiensi, sehingga memengaruhi daya saing di level global.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa