Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hankook Tire Punya Ban Khusus Buat LCGC, Apa Saja Kelebihannya?

Naufal Shafly - Senin, 24 Mei 2021 | 16:05 WIB
Ilustrasi Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang merupakan mobil LCGC.
GridOto.com
Ilustrasi Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang merupakan mobil LCGC.

GridOto.com - Mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) masih menjadi salah satu segmen yang begitu diminati oleh konsumen di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pangsa pasar LCGC mencapai 16,4 persen sepanjang kuartal pertama 2021.

Mobil di segmen ini diharuskan mampu memiliki konsumsi BBM di atas 20 km per liter, mengingat efisiensi bahan bakar merupakan salah satu daya tarik utamanya.

Menurut National Sales Manager PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono, efisiensi konsumsi BBM pada LCGC bisa dioptimalkan dengan penggunaan ban yang sesuai.

Baca Juga: Boleh Melintas Selama Larangan Mudik, Hankook Beri Tips Aman Jaga Kondisi Ban Kendaraan Logistik

Oleh sebab itu, Hankook memiliki produk ban yang dikhususkan bagi pengguna LCGC yakni Kinergy Eco2.

Sebagai ban yang didesain untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, Kinergy Eco2 memiliki beberapa kelebihan.

Pertama, ban ini memiliki hambatan gulir atau rolling resistance yang rendah.

Hal ini berguna untuk penggunaan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Baca Juga: Kembali Jalin Kemitraan dengan Porsche, Hankook Resmi Jadi Pemasok Ban Orisinal 718 Boxster dan Cayman

"Untuk mendapatkan hambatan gulir yang rendah serta memiliki daya cengkram yang baik, biasanya ban ini dibuat dari compound senyawa silika," ucap Apriyanto dalam keterangan resminya, Senin (24/5/2021).

Kedua, ban eco mampu mempertahankan kenyamanan berkendara yang didukung dengan kekakuan dan daya tahan dinding samping ban yang lebih ditingkatkan.



Agar semakin optimal dalam berkendara, ban eco dirancang menggunakan kawat strand bead tunggal yang kuat, agar ada keseragaman dan pemasangan ban yang lebih ditingkatkan.

"Ban eco cenderung memiliki keausan tapak yang lebih lama sehingga dapat membuat ban berjalan lebih jauh dibanding ban biasa," jelas Apriyanto.

Baca Juga: Ban Mobil Listrik Punya Spek Khusus, Hankook Kasih Bocorannya

Keunggulan ketiga, ban eco cenderung memiliki penanganan dan respons kemudi yang lebih baik.

"Hal ini dikarenakan struktur ban menggunakan bead filler yang memiliki kekakuan tinggi. Selain itu, ban eco dapat membantu menghadirkan transisi yang lebih mulus saat sprint maupun menikung," tukasnya.

Sebagai informasi, Hankook Tire telah berkomitmen menghadirkan ban ramah lingkungan sejak 2012 dalam mendukung kampanye go green yang dicanangkan pemerintah.

"Ban ramah lingkungan yang kami hasilkan bukanlah ban yang di bawah standar. Hankook Tire fokus kepada performa ban untuk menunjang kinerja kendaraan, mulai dari bagaimana ban bergetar, cara mencengkeram jalan, tingkat keausan, dan kebisingan yang dihasilkan ban," tutup Apriyanto.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa