Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ampuh Dongkrak Tenaga Motor Matic, Ini Panduan Bubut Pulley CVT

Muhammad Farhan - Jumat, 21 Mei 2021 | 09:40 WIB
Ilustrasi proses bubut pulley CVT matic
youtube.com/motorplus
Ilustrasi proses bubut pulley CVT matic

GridOto.com – Terbukti dapat mendongkrak tenaga, ini panduan bubut derajat atau sudut kemiringan pulley depan CVT motor matic.

Mengubah derajat kemiringan pulley depan di CVT motor matic punya efek sama seperti ganti rasio final gear di motor berpenggerak rantai.

Umumnya bengkel spesialis matic melakukan bubut pulley depan dengan derajat kemiringan lebih kecil dari angka standar pabrikan.

“Setiap bengkel tentu punya patokan tersendiri untuk setiap motor, namun biasanya enggak terlalu jauh bedanya buat motor spek harian,” buka Ahmad Baharuddin, owner Matic Mania Motor yang bengkelnya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Kerok Jalur Roller Seperti Ini Malah Bikin Performa Motor Matic Drop

Perbedaan besar derajat kemiringan pulley depan pun enggak bisa asal pilih, harus disesuaikan dengan kebutuhan motornya.

Sebagai contoh, motor Yamaha NMAX 155 punya tingkat kemiringan pulley standar 14 derajat lalu dibubut sehingga jadi 13,5-13,8 derajat.

Variator dan pulley kipas diubah menjadi 13,5° untuk kejar akselerasi
Fariz/otomotifnet.com
Variator dan pulley kipas diubah menjadi 13,5° untuk kejar akselerasi

“Dari hasil riset bengkel untuk motor harian dibikin 13,8 derajat rasanya sudah cukup, sedangkan buat motor drag atau trek pendek bisa pakai 13,5 derajat,” jelasnya.

Angka tadi diakui didapat setelah bengkel melakukan pengetesan, sehingga diyakini tidak ada efek sampingnya bagi transmisi CVT.

Baca Juga: Tips Murah Bikin CVT Yamaha Mio Sporty Lebih Responsif, Pakai Pulley Ini

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa