Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Pemerintah Bangun 122 Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Hingga April, Segini Targetnya di 2025

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 23 April 2021 | 11:22 WIB
ilustrasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)
Kompas.com/Rully
ilustrasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

GridOto.com - Masalah charging station atau stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik di Indonesia, belakangan ini sudah menjadi konsen bagi pemerintah.

Tak heran, pemerintah terus berencana menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), sejalan dengan akselerasi elektrifikasi kendaraan yang sering gencar dipromosikan.

Jika berbicara tentang stasiun pengisian daya kendaraan listrik, ada berapa sih jumlahnya hingga April 2021 ini yang sudah dibangun pemerintah?

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebutkan hingga April 2021 pemerintah sudah membangun 122 stasiun pengisian daya kendaraan listrik.

Baca Juga: Mantap! Satu Lagi Stasiun Pengisian Kendaaan Listrik Umum di Rest Area, Ini Lokasinya

"Hingga April 2021 telah terbangun 122 unit charging station pada 83 lokasi yang tersebar dibeberapa area," ujar Arifin dalam konferensi pers virtual Grab langkah hijau, Kamis (22/04/2021).

Arifin membeberkan untuk lokasinya tersebar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), perkantoran, perhotelan, pusat perbealanjaan, area parkir maupun area disepanjang jalur tol.

Kemudian, ia menjelaskan sesuai peta jalan yang disusun pemerintah hingga tahun 2025 menargetkan dibangun 3.860 SPKLU dengan jumlah kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) sebanyak 39.627 unit.

"Untuk SPKLU sendiri diharapkan dapat terbangun 17.000 unit di tahun 2025," terang Arifin.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa