Ada Libur Lebaran dan Perawatan Mesin Produksi, Daihatsu Sebut Strategi 3P Baru Optimal di Juni 2021

Naufal Shafly - Sabtu, 17 April 2021 | 16:05 WIB
Salah satu Pabrik Daihatsu yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara
Istimewa
Salah satu Pabrik Daihatsu yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara

GridOto.com - Lonjakan pesanan yang begitu tinggi turut dirasakan Daihatsu sejak diberlakukannya insentif PPnBM 0 persen oleh pemerintah, khususnya untuk model Xenia dan Terios.

Bahkan PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengaku, saat ini ada lonjakan pesanan hingga 139 persen untuk Daihatsu Terios.

Ditambah Toyota Rush dan Avanza yang juga diproduksi di pabrik Daihatsu, pemesanannya meningkat pesat efek adanya insentif PPnBM 0 persen.

Tingginya lonjakan pemesanan tersebut membuat Daihatsu menyusun strategi baru yang mereka beri nama 3P, singkatan dari People, Production Facility, dan Part Control.

Baca Juga: Pabrik Kewalahan Terima Lonjakan Pesanan, Daihatsu Putar Strategi Baru Bernama 3P

Secara singkat, 3P adalah strategi untuk menambah kualitas di tiga sektor yakni sumber daya manusia (SDM), fasilitas produksi, serta ketersediaan part pendukung.

Stephanus Surya, Planning and Control Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, strategi 3P belum akan berdampak dalam waktu dekat.

Artinya, Daihatsu belum akan bisa mengatasi lonjakan permintaan tersebut dalam waktu dekat ini.

"Untuk peningkatan kapasitas ini bisa dibilang tidak seperti bikin roti. Artinya ketika (permintaan) naik dua kali lipat, kapasitas produksi kami enggak bisa langsung ditingkatkan menjadi dua kali lipat," papar pria yang akrab disapa Surya ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa