Bisa Bikin Bodi Baret, Hindari Kebiasaan Ini Saat Cuci Motor

Muhammad Farhan - Selasa, 30 Maret 2021 | 17:40 WIB
Gunakan semprotan air bertekanan sedang untuk cuci motor
Gunakan semprotan air bertekanan sedang untuk cuci motor

GridOto.com – Bisa bikin bodi motor baret atau muncul swirl mark, hindari beberapa kebiasaan ini saat mencuci motor sendiri di rumah.

Mencuci motor sendiri bisa jadi salah satu aktifitas untuk mengisi waktu luang, khususnya saat cuaca sering hujan seperti saat ini.

Kendalanya, sebagian bikers masih ragu apakah cara mencuci motor yang dilakukan selama ini sudah tepat atau justru malah bisa merusak motor.

“Pertama, bilas dulu seluruh bagian motor pakai air bersih. Kalau pakai mesin usahakan pakai semprotan bertekanan sedang,” terang Aldi Garibaldi, dari Restomax Moto Detailing, Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Awas! Ini Efek Negatif Mengelap Body Motor yang Terkena Air Hujan

Meskipun air tekanan tinggi lebih ampuh merontokkan kotoran, namun berisiko bisa merusak lapisan pernis dan cat bodi motor.

Hindari mencuci motor langsung dengan cara diberi sabun tanpa dibilas lebih dulu, tujuannya supaya kotoran yang menempel bisa tersapu air.

Ilustrasi peralatan cuci motor dengan dua ember berbeda
Ilustrasi peralatan cuci motor dengan dua ember berbeda

Jika langsung dicuci tanpa dibilas, dampaknya kerikil atau pasir yang melekat bisa menempel di kain lap atau spons sehingga menyebabkan goresan di bodi motor.

“Selain itu, gunakan wadah air dan alat seperti kain atau spons yang berbeda untuk mencuci bagian atas dan bawah motor,” tambahnya.

Baca Juga: Amankah Mencuci Bagian Bagasi Motor Dengan Air Bertekanan Tinggi?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa