Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Razia Knalpot Brong

Masih Mau Gaya-gayaan Pakai Knalpot Brong? Pahami Penyakit yang Bisa Menyerang Pengendara, Begini Kata Dokter THT

Harun Rasyid - Senin, 22 Maret 2021 | 20:15 WIB
Ilustrasi knalpot racing atau brong yang tidak sesuai standar kebisingan
2banh.vn
Ilustrasi knalpot racing atau brong yang tidak sesuai standar kebisingan

GridOto.com - Razia knalpot racing atau brong dengan tingkat kebisingan melebihi standar, sedang digalakkan pihak Kepolisian di berbagai wilayah Indonesia.

Sanksi razia knalpot brong biasanya berupa penilangan hingga tindakan lain, seperti saran pencopotan maupun pemotongan langsung di tempat.

Selain melanggar Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 7 tahun 2009 soal tingkat kebisingan, penggunaan knalpot brong dapat merugikan pengendara dari segi medis.

Vicky Riyadi, Dokter Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) dari Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati mengatakan, seseorang yang sering mendengar suara bising berlebih berpotensi mengalami hilang pendengaran.

Baca Juga: Bukan Cuma Berisik dan Bisa Kena Razia, Pemakaian Knalpot Brong Picu Gaya Berkendara Model Begini

"Sering mendengar suara knalpot atau benda yang mengeluarkan suara bising berlebih secara kontinyu dan dalam waktu panjang, dapat mengganggu daya pendengaran manusia. Istilah medisnya yaitu Noise Induced Hearing Loss (NiHL)," ucap Vicky saat dihubungi GridOto.com, Senin (22/3/2021).

"Selain sering mendengar suara bising dengan desibel tinggi, NiHL atau hilang pendengaran juga akibat sel-sel saraf rumah siput di dalam telinga melemah dan menjadi capek. Dampak jangka panjangnya bisa tuli saraf," sebutnya.

Ilustrasi knalpot brong yang bisa memicu gangguan pendengaran
Tribunjateng
Ilustrasi knalpot brong yang bisa memicu gangguan pendengaran


Soal fenomena knalpot brong, Vicky mengungkapkan jika gangguan pendengaran tersebut utamanya akan menyerang pengendara itu sendiri dibanding orang di sekitarnya.

"Ketulian bisa menyerang kedua telinga si pengendara motor dengan knalpot berusara keras, karena ia yang paling sering mendengar kebisingan itu. Kalau orang lain di sekitarnya, kan hanya terganggu dan suaranya juga sekadar lewat saja," jelas Vicky lagi.

"Itulah mengapa penyakit ini bisa dialami pekerja pabrik, bengkel atau bandara yang lingkungan kerjanya ada suara bising berlebih. Makanya pekerja di sana wajib pakai earplug saat bekerja," lanjutnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa