Bahaya! Ini Dampaknya Kalau Standar Samping Motor Dibiarkan Kendur

Muhammad Farhan - Kamis, 18 Maret 2021 | 13:40 WIB
Pasang Side Stand Switch di Suzuki Nex II
Fariz/OTOMOTIF
Pasang Side Stand Switch di Suzuki Nex II

GridOto.com – Bahaya! Ini dampaknya kalau standar samping di motor kalian dibiarkan dalam kondisi kendur alias gampang turun saat posisinya sedang terlipat.

Penyakit standar samping kendur ini umumnya dialami motor yang kondisinya sudah berumur atau sering terparkir dalam waktu lama.

Bisa merepotkan, inilah beberapa dampak negatif yang mungkin terjadi jika standar samping kendur tidak segera diperbaiki.

“Saat dipakai berkendara, standar samping yang mendadak terbuka ini bisa mencelakakan pengendara motor apalagi kalau sampai terbentur objek lain di jalan,” ujar Hasan, mekanik Suzuki IBAR Parung, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Waspada! Ini Tandanya Kalau Per Kampas Rem Tromol Patah

Selain itu, beberapa motor tipe tertentu seperti jenis matic bisa mengalami mesin mati mendadak akibat terbukanya standar samping.

Hal ini disebabkan karena adanya sensor side stand switch yang aktif pada saat standar samping dalam posisi turun atau terbuka.

Ilustrasi sensor Side Stand Switch
Fariz/OTOMOTIF
Ilustrasi sensor Side Stand Switch

“Tentu berbahaya kalau mesin motor sampai mati mendadak saat berkendara, dan jelas merepotkan karena mesin bakal kembali mati jika standar samping terbuka lagi,” lengkapnya.

Nah, makanya jika motor kalian sudah terdeteksi standar samping kendur atau gampang terbuka, segera periksa dan lakukan perbaikan.

Baca Juga: Standar Dua Motor Matic Miring dan Goyang? Ternyata Ini Biang Keladinya


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa