Kenalan Dengan Jenis-Jenis Tapak Ban Kendaraan Niaga dan Peruntukannya, Ada Apa Aja Ya?

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 9 Februari 2021 | 19:18 WIB
Kenalan dengan jenis-jenis tapak ban kendaraan niaga seperti truk dan bus serta peruntukannya, ada apa aja ya kira-kira?
Istimewa
Kenalan dengan jenis-jenis tapak ban kendaraan niaga seperti truk dan bus serta peruntukannya, ada apa aja ya kira-kira?

GridOto.com - Ban merupakan salah komponen terpenting dari suatu kendaraan, tidak terkecuali untuk kendaraan niaga macam truk dan bus.

Pasalnya, ban merupakan satu-satunya titik kontak suatu truk atau bus dengan medan yang dilaluinya.

Oleh karena itu, pabrikan ban biasanya memproduksi berbagai jenis ban dengan tapak yang sesuai dengan peruntukan suatu truk atau bus tertentu.

Ahmad Juweni selaku National Sales Manager TBR (Tire & Bus Radial) PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI) mengatakan, tapak ban kendaraan niaga bisa dibagi ke dalam tiga jenis utama.

Baca Juga: Sering Terlupakan, Inilah Tips Mudah Menjaga Kebersihan Ban Serep

“Ada tiga pola tapak ban yang perlu dipahami dan dipertimbangkan pengguna truk atau bus sebelum memilih ban, yaitu Rib, Lug, dan Mix atau Rib-Lug,” jelas Ahmad dalam siaran resmi yang diterima GridOto.com (9/2/2021).

“Masuk ke tapak ban pertama yaitu Rib, jenis ini punya bentuk alur seperti cacing atau S vertikal,” imbuhnya.

Ban truk dan bus tipe Rib dari Hankook, AH30.
Hankook
Ban truk dan bus tipe Rib dari Hankook, AH30.

Umumnya, bentuk alur tersebut membuat ban dengan tapak jenis Rib memiliki rolling resistance atau hambatan gulir yang lebih rendah.

Sehingga lebih mudah dikontrol dan cocok digunakan di medan aspal atau beton dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dua jenis tapak ban lainnya.


Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa