Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners: Jangan Gunakan Handphone Ketika Berhenti di Lampu Merah, Bisa Berbahaya dan Berpotensi Menimbulkan Kejahatan!

Naufal Shafly - Jumat, 5 Februari 2021 | 20:20 WIB
Ilustrasi pelanggaran berkendara sambil bermain handphone.
Motorplus-online.com
Ilustrasi pelanggaran berkendara sambil bermain handphone.

GridOto.com - Masih banyak ditemukan pengendara motor yang menggunakan handphone miliknya ketika berhenti di lampu merah.

Walaupun dalam kondisi berhenti, bermain handphone di jalan raya tetap merupakan suatu tindakan yang berpotensi membahayakan.

Andry Berlianto, selaku Praktisi Defensive Riding dan Defensive Driving Indonesia pun mengimbau masyarakat untuk menghindari perilaku tersebut.

Baca Juga: Street Manners: Begini Cara Aman Berkendara Motor Sport Untuk Pemula Menurut Pakar Safety

"Kalau bicara safety tentunya tidak cukup aman. Jadi disarankan memainkan ponsel di tempat yang aman dan terlindungi saja," ucap Andry Berlianto saat dihubungi GridOto.com, Jumat (5/2/2021).

Ia mengatakan, menggunakan handphone saat kondisi berhenti di lampu merah dapat membuat pengendara tidak fokus dengan situasi sekitar dan berisiko mengundang tindak kejahatan.

"Menjadi perilaku tidak aman karena berpotensi dirampas," ucap Andry.

Baca Juga: Street Manners: Masih Perlukah Menyalakan Lampu Utama Motor di Siang Hari? Ini Faktanya

Jika memang terpaksa atau dalam situasi darurat, Andry menyarankan agar pengendara menepi sejenak di lokasi yang lebih aman.

"Diperhatikan saja posisi berhentinya. Ambil titik berhenti paling kiri, agar jika terjadi apa-apa pengendara bisa langsung menepi atau bergerak," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa