Jadi Mobil Hybrid Termurah di Indonesia, Berapa Total Cost of Ownership Nissan Kicks e-POWER Selama Setahun?

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 4 Februari 2021 | 21:31 WIB
Jadi mobil hybrid termurah di Indonesia, berapa sih biaya kepemilikan atau Total Cost of Ownership (TCO) Nissan Kicks e-POWER selama setahun?
Pradana/GridOto.com
Jadi mobil hybrid termurah di Indonesia, berapa sih biaya kepemilikan atau Total Cost of Ownership (TCO) Nissan Kicks e-POWER selama setahun?

GridOto,com - PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) menggebrak pasar otomotif Indonesia saat meluncurkan Kicks e-POWER pada awal September 2020 silam.

Alasan terbesar pertama adalah sistem hybrid seri yang menjadi fitur andalan Nissan Kicks e-POWER.

Sistem tersebut membuat Nissan Kicks e-POWER sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik tanpa perlu isi daya baterai secara eksternal berkat mesin bensin yang bekerja sebagai generator.

Sedangkan alasan terbesar kedua adalah banderol Rp 449 juta yang dimiliki Nissan Kicks e-POWER saat itu, yang menjadikannya mobil hybrid paling terjangkau di Indonesia.

Baca Juga: Nissan Kicks e-POWER Jadi Mobil Hybrid Paling Terjangkau, Beli Kredit Bisa Dicicil Mulai Segini Sob!

Tapi, apakah biaya kepemilikan atau Total Cost of Operation (TCO) Nissan Kicks e-POWER selama setahun juga sama-sama terjangkau?

Dalam TCO, ada tiga biaya wajib yang harus dikeluarkan selama setahun yaitu biaya servis dan sparepart, pajak kendaraan bermotor atau PKB, dan biaya bahan bakar.

Hitung-hitungan dibawah didasari oleh asumsi bahwa sebuah mobil rata-rata akan menempuh jarak sekitar 20 ribu kilometer dalam setahun.

Karena NMDI hanya memasarkan Nissan Kicks e-POWER dalam satu varian, maka hitung-hitungan akan dilakukan menggunakan varian seharga Rp 451 juta OTR Jakarta tersebut.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa