Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terkait Emisi Gas Buang, Apakah Sensor O2 Perlu Perawatan Khusus?

Muhammad Farhan - Kamis, 4 Februari 2021 | 12:40 WIB
Lokasi O2 sensor atau sensor oksigen pada motor injeksi
Isal/GridOto.com
Lokasi O2 sensor atau sensor oksigen pada motor injeksi

GridOto.com – Punya fungsi yang terkait dengan emisi gas buang di motor, apakah sensor O2 yang terdapat pada sistem injeksi perlu perawatan khusus?

Terletak di jalur gas buang mesin, sensor O2 berfungsi membaca hasil pembakaran yang terjadi di mesin dan mengirimkan datanya ke ECU motor.

Meskipun terpapar dengan hawa panas gas buang dan residu pembakaran, ternyata perawatan khusus untuk sensor O2 tidak diperlukan.

“Selama enggak ada kesalahan saat bongkar pasang sensor atau soketnya, sensor O2 masa pakainya terbilang awet,” ungkap Adih, Service Advisor Yamaha Mekar Bintaro, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Helm Pembalap Motor Tidak Dilengkapi Double Visor

Setelah membaca kandungan gas buang mesin, sensor O2 mengirimkan sinyal ke ECU untuk menentukan campuran bensin dan udara agar terus ideal.

Hasilnya, pembakaran bisa terus dijaga sempurna meski ada perubahan jenis bahan bakar serta adanya perubahan kondisi tekanan udara.

Sensor O2 Matic Yamaha
Istimewa
Sensor O2 Matic Yamaha

“Kalau memang terjadi kerusakan fungsi sensor O2, tentunya hal ini bakal dibaca oleh ECU dan bakal muncul indikator malfungsi di panel instrumen,” jelasnya.

Pada motor Yamaha, adanya gangguan fungsi sensor O2 bakal menampilkan kode error 24 disertai lampu atau indikator malfungsi yang aktif.

Baca Juga: Awas! Akibat Hal Sepele, Pelek Belakang Model Teromol Harus Ganti Baru

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa