Industri Otomotif Mulai Bangkit, Pemerintah dan Perusahaan Bahas Cara Pemulihan Perekonomian Indonesia Akibat Pandemi Covid-19

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 19 Januari 2021 | 19:40 WIB
Industri otomotif Indonesia mulai bangkit dari dampak pandemi Covid-19, pemerintah dan perusahaan bahas cara pemulihan perekonomian Indonesia.
GridOto.com
Industri otomotif Indonesia mulai bangkit dari dampak pandemi Covid-19, pemerintah dan perusahaan bahas cara pemulihan perekonomian Indonesia.

GridOto.com - Pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini, memberikan dampak yang begitu signifikan terhadap berbagai industri di Indonesia, tak terkecuali otomotif.

Angka penjualan mobil maupun motor di Indonesia terjun bebas karena masyarakat memilih untuk menahan pembelian, terutama di masa-masa awal pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 pun membuat proyeksi penjualan motor dan mobil di Indonesia harus dikoreksi beberapa kali di sepanjang tahun lalu.

Ambil contoh pada Juni 2020, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengoreksi perkiraan jumlah penjualan selama tahun lalu sebesar 40 hingga 45 persen di angka 3,6 hingga 3,9 juta unit.

Baca Juga: Kemenperin Targetkan Realisasi Penanaman Modal Meningkat di 2021, Industri Otomotif Jadi Salah Satu Andalan

Sedangkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengoreksi jumlah perkiraan penjualan mobil selama 2020 sebanyak tiga kali, sebelum bertahan di angka 525 ribu unit.

Namun seiring berjalannya waktu, industri otomotif Indonesia mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan dari dampak Covid-19.

“Sektor otomotif Indonesia yang beberapa waktu lalu masih berada di bawah 50 persen (penjualan dibandingkan 2019), sekarang sudah membaik di angka 60 persen,” ujar Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, dalam acara 11th Kompas100 CEO Forum (19/1/2021).

Ia pun menggunakan peningkatan pada angka penjualan mobil di Indonesia pada paruh akhir 2020 silam untuk memberikan gambaran lebih lanjut. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : Harian Kompas

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa