Pengendara Temperamen Cenderung Suka Kebut-kebutan di Jalan? Begini Jawaban Psikolog

Harun Rasyid - Senin, 18 Januari 2021 | 20:50 WIB
Ilustrasi pengendara motor ngebut di jalan
Rideapart.com
Ilustrasi pengendara motor ngebut di jalan

GridOto.com - Manusia pada dasarnya memiliki sifat yang beragam, mulai dari pendiam, periang hingga pemarah atau biasa disebut temperamen.

Namun saat mengendarai kendaraan di jalan, ada saja ulah pengendara lain yang bisa memancing emosi sehingga gaya berkendara yang tadinya santai berubah menjadi kebut-kebutan.

Berkaca dari kasus tersebut, apakah pengendara yang memiliki sifat temperamen identik dengan gaya mengemudi agresif seperti kebut-kebutan di jalan?

Fenny Junita M.Psi, Psikolog dari Praktik Mandiri di Jakarta Pusat mengatakan, gaya mengemudi agresif memang tidak bisa terlepas dari timbulnya perasaan emosi.

Baca Juga: Jangan Kebut-kebutan di Jalan, Begini Dampaknya Kalau Tulang Sudah Patah

"Perilaku ngebut di jalan itu termasuk kategori agressive driving. Secara umum penyebabnya karena pengendara sedang emosi dan ada tekanan emosional, seperti buru-buru atau karena si pengendara suka kebut-kebutan buat mencari sensasi hingga adrenalin," ujar Fenny saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Fenny mengungkapkan, sifat temperamen manusia juga berkaitan dengan faktor usia dan kematangan emosional seseorang.

"Semakin tinggi kematangan emosi seseorang, makin rendah juga kecenderungan untuk melakukan agressive driving. Sebaliknya, orang bersifat temperamen sangat mudah mengekspresikan kemarahannya walaupun di situasi yang kurang sesuai seperti di jalanan dengan kebut-kebutan," jelasnya.

"Dari hasil penelitian, usia remaja menuju dewasa atau usia minimal memiliki SIM seperti 17 tahun sampai awal 20 tahunan, adalah usia yang paling banyak melakukan perilaku mengemudi yang berbahaya," sambung Fenny.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa