Advertorial

Siapa Bilang Ganti Oli Mesin Mobil Ribet? Cukup Mudah Kok Sob

Nana Triana - Jumat, 15 Januari 2021 | 10:05 WIB
ilustrasi menuangkan oli pada mesin kendaraan.
Dok. Shutterstock
ilustrasi menuangkan oli pada mesin kendaraan.

GridOto.com – Di tengah pendemi seperti sekarang ini, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas di rumah. Kondisi tersebut membuat kendaraan jarang digunakan, bahkan sekedar melakukan perawatan sederhana pun kadang terlupakan.

Padahal, merawat kendaraan patut dilakukan meski mobil jarang digunakan supaya kendaraan selalu dalam keadaan prima. Salah satu perawatan yang penting dilakukan adalah mengganti oli.

Meski mobil tidak digunakan, oli mesin tetap harus diganti secara rutin setiap enam bulan atau 10.000 kilometer, tergantung mana yang lebih dulu dicapai.

Nah, untuk pemilik mobil yang sudah waktunya mengganti oli mesin, tetapi masih takut enggan untuk keluar untuk ke bengkel langganan ada beberapa cara yang bisa ditempuh.

Baca Juga: Awas! Ini Dampak Negatif Semprot Angin Ke Mesin Saat Ganti Oli Motor

Pertama, memanfaatkan jasa home service dari bengkel resmi. Cara ini bisa dimanfaatkan oleh pemilik mobil yang masih dalam masa garansi.

Cara kedua, bagi Anda yang mobilnya sudah lewat masa garansi adalah mengganti oli sendiri di rumah. Banyak yang berpikir kalau mengganti oli sendiri di rumah itu sulit, padahal cukup mudah kok.

Anda bisa melakukannya sendiri asal memiliki sejumlah peralatan, seperti kunci, packing baut, tempat pembuangan oli, dongkrak dan oli mesin. Berikut GridOto rangkumkan langkah-langkahnya.

Pastikan oli dalam kondisi hangat

Sebelum memulai penggantian oli, sebaiknya Anda memanaskan mesin selama 2-4 menit agar mesin hangat. Dengan memanaskan mesin mobil, artinya ada sirkulasi oli di dalam mesin, sehingga nantinya partikel kotoran akan ikut terbawa saat ganti oli.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa