Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Exciter 155 VVA, Calon MX King Terbaru Dengan Perubahan Total

Harry - Rabu, 30 Desember 2020 | 15:05 WIB
Yamaha Exciter 155 VVA
Istimewa
Yamaha Exciter 155 VVA

GridOto.com-Kemarin malam Yamaha Vietnam baru saja merilis Exciter 155 VVA kemarin malam (29/12/2020), motor bebek yang di Indonesia dikenal dengan nama Yamaha MX King. Yang mengejutkan motor itu hadir dengan perubahan total sob.

Mulai dari mesin, rangka, fitur dan teknologi yang dibawanya benar-benar baru. Perlu diketahui dulu sob, kalau pasar motor bebek di Vietnam memang masih tinggi, sama halnya dengan Malaysia.

Terus kapan kira-kira motor ini hadir di Indonesia? Rasanya akan muncul tahun depan, tapi sebelum sosok motor tersebut benar-benar rilis di Indonesia, simak dulu yuk ulasan Yamaha Exciter 155 VVA ini.

(Baca Juga: Sekilas Mirip, Ternyata Ini Bedanya Yamaha MX King 150 dan Yamaha Exciter 150 di Vietnam)

Bodi depan Yamaha Exviter 155 VVA
Istimewa
Bodi depan Yamaha Exviter 155 VVA

Desain
Secara bentuk ternyata enggak beda jauh dengan bocoran foto yang sempat ramai beberapa waktu lalu. Kala itu, motor ini tertangkap kamera ada di dalam sebuah kerangka besi.

Paling menarik bagian dada alias bodi depan motor, yang terlihat menjorok maju layaknya sebuah fairing. Dan ternyata benar sob, karena inspirasi desainnya dari superbike Yamaha YZF-R1 tuh.

(Baca Juga: Penampakan Yamaha MX King 2020 Muncul, Sudah Keyless dan Mesin Pakai VVA!)

Bodi depan terdapat lampu LED DRL yang berbentuk seperti huruf L, lampu sein dan sepasang lampu yang sepertinya untuk lampu jauh. Sedangkan area setang yang bentuknya agak nyeleneh, juga ada lampu tipis.

Wah lampu depannya jadi banyak banget ya? Hehehe...

Bagian tengah nampak tebal dengan bodi yang menutup rapat, lalu jok dengan bentuk sporty, serta lampu belakang ramping ala YZF-R1. Sepakbor belakang dibuat menggantung ala motor sport.

Suspesi depan pakai teleskopik dan belakang monosok. Sayangnya desain pelek enggak berubah sob, masih sama dengan MX King 150 yang saat ini masih dijual di Indonesia.

(Baca Juga: Yamaha MX King 150 Facelift Resmi Dirilis, Ini Pilihan Warnanya)

O iya, rangka juga total baru, karena menyesuaikan dengan mesin dan bodi barunya. Sayang enggak ada penjelasan teknis terkait rangka yang dipakai sob.

Fitur dan Teknologi
Mulai dari lampu-lampu, seluruhnya sudah LED kecuali lampu sein depan dan  belakang. Kemudian spidometer sudah full digital dengan tampilan negatif display.

Spidometer Yamaha Exciter 155 VVA
Istimewa
Spidometer Yamaha Exciter 155 VVA

Isinya lengkap, spidometer, odometer, tripmeter, fuel meter, konsumsi BBM rata-rata dan aktual, gear position dan indikator VVA. Lengkap bangetkan sob?

Lalu kunci kontak khusus tipe tertinggi sudah pakai model keyless, dengan bentuk remote dan knob kontak yang sama dengan AEROX atau NMAX. Kalau tipe di bawahnya pakai kunci kontak pengaman magnet.

(Baca Juga: Yamaha MX King Vietnam Dapat Warna Spesial, Beda Dari Versi Indonesia)

Melirik kaki-kaki rasanya enggak banyak berubah, dari penggunaan jenis suspensi, lalu desain, ukuran ban dan lebar pelek yang dipakai masih sama. Kecuali kaliper rem depan pakai kaliper piston ganda untuk tipe GP dan Premium.

Tersedia pula soket 12 volt untuk bisa mengisi daya smartphone, tapi khusus tipe tertinggi saja ya. Melihat di balik jok, kapasitas tangki sekarang membesar jadi 5,4 liter.

Soket 12 volt Yamaha Exciter 155
Istimewa
Soket 12 volt Yamaha Exciter 155

Mesin
Seperti yang telah digembor-gemborkan sejak awal, mesin yang dipakai Exciter 155 VVA ini benar-benar baru. Karena mesin motor sport Yamaha, dipasangkan untuk sebuah motor bebek nih hehehe...

Yup, mesinnya ini sama dengan YZF-R15 dan MT15. Spesifikasinya silinder tunggal 155 cc, SOHC 4 katup VVA, injeksi bahan bakar dan pakai pendingin cairan.

Dan tentu saja, fitur assist & slipper clutch enggak ketinggalan dong. Mesin ini sendiri mampu hasilkan tenaga maksimal mencapai 17,7 dk @ 9.500 rpm dan torsi 14,4 Nm @ 8.000 rpm.

(Baca Juga: Dirilis Hari Ini, Ada 5 Hal Baru di Yamaha MX King 150 Facelift)

Rem depan Yamaha Exciter 155 VVA
Istimewa
Rem depan Yamaha Exciter 155 VVA

Ya meski terlihat besar, nyatanya output untuk Exciter 155 VVA ini agak dikurangi sob, karena kalau dibandingkan sama YZF-R15, ternyata tenaganya diangka 19 Hp dan torsi 14,7 Nm.

Tapi dengan tenaga sebesar itu, lalu fitur assist 7 slipper clutch untuk sebuah motor bebek, jelas istimewa banget pastinya. Jadi penasaran sama sosoknya ya?

Kesimpulan
Di Vietnam Yamaha Exciter 155 VVA punya 3 varian, yakni GP Edition yang dijual 50,49 juta Dong (Rp 30,85 juta), tipe Premium 49,99 juta Dong (Rp 30,55 juta) dan tipe Standar 46,99 juta Dong (Rp 28,7 juta).

Yamaha Exciter 155 VVA
Istimewa
Yamaha Exciter 155 VVA

Jika masuk Indonesia, kelak motor ini kembali akan menjadi pesaing Honda Supra GTR 150, yang sebenarnya di Vietnam sudah hadir versi terbarunya. Jika Exciter 155 VVA masuk Indonesia, tak menutup kemungkinan Supra GTR 150 model terbaru juga akan datang.

Persaingan bebek 150 cc jadi kian memanas sob.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa