Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten Ini Merupakan Kerjasama Gridoto Dengan Pertamina Enduro


Pertamina Enduro

Gemar Riding Jarak Jauh, Begini Cara Rawat Motor Kesayangan Supaya Tetap Prima

Nana Triana - Rabu, 30 Desember 2020 | 13:45 WIB
Rutin berkendara jarak jauh motor perlu dirawat agar tetap prima.
Dok. Shutterstock
Rutin berkendara jarak jauh motor perlu dirawat agar tetap prima.

GridOto.com – Bagi seorang bikers melakukan touring menjadi salah satu kegiatan yang menantang sekaligus menyenangkan. Seperti yang dilakukan Jeffrey Polnaja alias Kang JJ, berhasil melintasi berbagai negara di dunia bersama motor kesayangannya.

Bahkan pada 2019 lalu, Jeffrey Polnaja kembali melakukan perjalanan bertajuk Equatoride. Kurang lebih ada 25 negara yang akan dilewati dalam perjalanan ini.

Dimulai dari Indonesia, Malaysia, Brunei, Filipina, Selandia Baru hingga ke negara-negara Amerika Selatan, kemudian kembali ke Asia Tenggara dan finish di Indonesia pada 2021.

Selama perjalanan banyak tantangan yang dihadapi Kang JJ, mulai dari menyesuaikan iklim cuaca, budaya, termasuk dalam menjaga performa tunggangan agar tetap prima selama di perjalanan.

Baca Juga: Kampas Rem Baru Tidak Langsung Pakem Bukan Berarti Palsu, Begini Penjelasannya

Untuk itu, Ia rutin melakukan perawatan, seperti rantai, ban, kampas rem, oli, dan komponen-komponen penting lainnya. Hal ini mutlak dilakukan karena perjalanan yang ia tempuh hingga mencapai puluhan ribu kilometer dalam waktu yang cukup singkat.

“Selama diperjalanan setiap hari saya melakukan pengecekkan komponen, misalnya rantai jangan sampai rantai kering itu bisa berefek fatal. Selain itu, saya pun rutin mengganti oli agar performa motor tetap maksimal,” Ungkap Jeffrey Polnaja dalam video yang diunggah ke kanal Youtube Jeffrey Polnaja.

Begitupun bagi sobat GridOto yang bermimpi menjelajah berkeliling dunia atau solo riding menuju destinasi-destinasi tujuan di Indonesia mesti mengerti perawatan yang harus dilakukan agar kendaraan tetap prima.

Supaya motor memiliki performa yang prima serta terhindar dari berbagai kendala saat di perjalanan, Sobat GridOto bisa melakukan perawatan pada beberapa komponen berikut ini.

Baca Juga: Cakram Tipis Bikin Rem Motor Tidak Pakem, Begini Penjelasannya

  1. Merawat Karburator atau Injektor

Dua komponen ini wajib dibersihkan, sebab jika kedua piranti kotor atau tersumbat bisa membuat suplai BBM ke ruang bakar terhambat. Terutama bagi Sobat GridOto pemilik motor dengan sistem injeksi, minimal harus melakukan perawatan pada saluran injektor tiap 4.000 kilometer.

Perawatan juga untuk memastikan tidak ada kebocoran. Selain itu jika terjadi malfunction, lampu Indikator akan berkedip sehingga Anda bisa langsung melakukan perbaikan agar motor kembali normal dan bisa digunakan dengan nyaman.

Sementara itu, untuk karburator Anda wajib melakukan  pembersihan dan setting ulang tiap kali servis. Baik setelan angina atau main dan pilot jet.

  1. Periksa busi

Busi menjadi salah perangkat penting dalam sistem pengapian. Meski kondisinya terlihat baik dan tahan lama, namun busi juga memiliki masa pakai, yakni setiap 7.500 km untuk motor standar.

Baca Juga: Buat Upgrade Performa Motor, Apa Bedanya Noken As Mentah dan Racing?

Jika motor pernah mengalami ubahan tentunya penggunaan busi juga harus menyesuaikan. Meskipun terlihat cukup sepele, sebaiknya Anda tetap melakukan perawatan bisa dengan membuka dan mengamplas kepala busi dari kerak sisa pembakaran.

  1. Cek stelan klep

Agar performa mesin bisa lebih maksimal, Sobat GridOto bisa melakukan pengecekan pada stelan klep. Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselerasi lemot.

Sementara, saat setingan klep dipaksa renggang, akan timbul suara nyaring di mesin akibat benturan yang tidak normal antara pantat klep dan rocker arm.

Agar tepat, sebaiknya seting kerenggangan klep kudu menggunakan feeler gauge dan sesuaikan dengan standar pabrik.

Untuk celah kerapatan klep kembali pada settingan motor itu sendiri karena beda jenis motor beda pula settingannya.

  1. Sistem pengereman

Selanjutnya, demi keselamatan Sobat GridOto harus melakukan perawatan pada sistem pengereman. Bisa mulai dari cek kondisi kampas rem, minyak rem dan kaliper.

Baca Juga: Lewat Tagline Ganti Tahun Ganti Peruntungan, Pertamina Lubricant Berikan Promo Menarik

Lakukan penggantian kampas rem baru kalau sudah aus atau tipis, serta lakukan penyetelan rem belakang bila tunggangan masih mengandalkan rem belakang model tromol,

  1. Periksa kopling

Bagi Sobat GridOto memiliki kendaraan dengan sistem kopling manual sebaiknya selalu memastikan kampas kopling dalam kondisi baik. Jangan sampai mengalami selip kopling saat perjalanan karena membuat motor tidak responsif dan berat saat dikendarai.

Tak hanya itu, akibat slip kopling penggunaan bahan bakar pun jauh lebih boros artinya Sobat haru merogoh kocek lebih dalam saat perjalanan.

Sehingga pastikan kopling bekerja maksimal. Termasuk untuk kabel kopling juga perlu diperiksa.

Baca Juga: Bensin Motor Bebek Mulai Boros, Tandanya Harus Ganti Oli

Sobat GridOto juga disarankan untuk melakukan penyetelan jarak main kopling manual sebelum motor diajak turing touring jauh.

Saat menyetel tuas kopling jangan lupa perhatikan jarak mainnya. Ini sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keawetan mesin selama digunakan.

Penyetelan jarak main ini agar mencegah kopling menjadi selip akibat terus-menerus tertekan. Menurut panduan pada buku servis, jarak kopling yang aman di antara 10-20 mm guna  kopling tidak cepat selip.

Apalagi untuk mereka yang sering meletakkan tangan di tuas kopling saat jalan.

  1. Gunakan oli khusus

Oli menjadi bagian penting pada sepeda motor. Fungsinya sangat vital sebagai pelumasan pada komponen mesin saat bergesekan.

Baca Juga: Tips yang Bisa Dicoba Supaya Kampas Kopling Umurnya Panjang

Selain itu oli juga menjaga suhu kendaraan dari panas berlebih akibat gesekan antar komponen mesin.

Tak hanya itu, oli juga mempengaruhi kinerja kopling, bahkan jika pelumasan tidak bisa bekerja dengan baik bukan tidak mungkin motor mudah selip.

Agar oli dapat bekerja dengan maksimal sebaiknya sobat gridoto melakukan pergantian setiap 2.000 – 4.000 kilometer atau setiap dua bulan tergantung mana yang lebih dulu dicapai.

Nah, untuk meningkatkan performa mesin, Sobat GridOto bisa mencoba oli Pertamina Enduro 4T Racing yang didesain khusus untuk perlindungan sempurna motor bebek.

Enduro 4T Racing merupakan pelumas motor empat langkah dengan kekentalan ganda berkualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif pilihan.

Baca Juga: Kopling Motor Sering Selip? Kenali Penyebab dan Solusinya

Produk ini memiliki kekentalan SAE 10W-40 dengan tingkatan mutu API SL dan JASO MA2. Spesifikasi ini merupakan salah satu keunggulan Enduro 4T Racing karena memiliki fitur anti slip kopling terbaik untuk motor bebek dan menjadikan tarikan motor lebih bertenaga.

Hal ini juga telah dibuktikan melalui pengujian variable speed friction test dengan friksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan top reference oil.

Satu hal yang tidak kalah penting, oli Enduro 4T Racing ini wangi! Sehingga membuat pengendara semakin percaya diri. Oli wangi juga sulit dipalsukan loh sobat!

Ayo coba Enduro 4T Racing! Andalan Sang Penjelajah!

Editor : Sri Noviyanti

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa