Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

David Tanugraha, Milenial Indonesia yang Kerjanya Ngetes Mobil Prototipe Toyota dan Mendesain Charger Mobil Listrik di Eropa

Muhammad Rizqi Pradana - Minggu, 27 Desember 2020 | 18:40 WIB
Kenalan sama David Tanugraha, milenial Indonesia yang kerjanya ngetes mobil prototipe Toyota dan mendesain charger mobil listrik di Eropa.
Istimewa
Kenalan sama David Tanugraha, milenial Indonesia yang kerjanya ngetes mobil prototipe Toyota dan mendesain charger mobil listrik di Eropa.

GridOto.com - Belajar dan akhirnya bekerja di luar negeri menjadi mimpi banyak orang di Indonesia.

Tidak terkecuali bagi David Tanugraha, milenial Tanah Air dari Bekasi, Jawa Barat yang berhasil meniti karir di pabrikan mobil Toyota dan kini berkarir di produsen fasilitas charging kendaraan listrik kenamaan ABB di Eropa.

Keinginan Daivd untuk belajar di luar negeri pertama muncul kala masih duduk di bangku SMA, saat ia dan keluarganya sedang berlibur di Eropa.

Sepulangnya, ia pun mempersiapkan diri sebaik mungkin sambil mencari program beasiswa sebelum akhirnya diterima di Fontys University of Applied Sciences, Eindhoven, Belanda pada 2011 silam.

Baca Juga: Toyota Fortuner Sabet Big SUV Terbaik Gridoto Award 2020, Harga Bekasnya Berapaan Sih Saat Ini?

”Setelah dibandingkan, kuliah di Belanda bisa lebih murah daripada Australia dan Amerika Serikat. Bahasa pengantarnya juga hanya bahasa Inggris, jadi tidak terlalu khawatir kalau kurang lancar bahasa Belanda,” ujarnya kepada GridOto.com melalui sambungan telepon (26/12/2020).

Seperti para mahasiswa pada umumnya, David pun menyebar lamaran kerja ke banyak perusahaan setelah menyelesaikan kuliahnya di jurusan Teknik Listrik dan Elektronika.

“Dari semua perusahaan yang aku apply, Toyota jadi perusahaan yang pertama ngontak balik. Padahal awalnya gak ada rencana mau ke otomotif,” kenang David.

“Tapi karena kontraknya bagus, kerjaannya menarik, dan Toyota sendiri adalah perusahaan bagus jadi aku ambil dan pindah negara deh ke sebelah,” imbuhnya sambil tertawa.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa