Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cari Jaket Buat Motoran? Mending Pakai Jaket Outdoor atau Jaket Riding, Begini Kata Produsen Apparel

Harun Rasyid - Minggu, 27 Desember 2020 | 18:20 WIB
Ilustrasi jaket outdoor dan jaket riding
Harun/GridOto.com, Pinterest
Ilustrasi jaket outdoor dan jaket riding

GridOto.com - Jaket outdoor yang biasa digunakan untuk kegiatan mendaki, memiliki keunggulan semisal bobot yang ringan, warna yang cerah, tahan air dan udara dingin.

Karena itu jaket outdoor kini enggak cuma digunakan saat hiking maupun traveling saja, melainkan juga ada yang memakainya dalam aktivitas sehari-hari semisal berkendara.

Namun, apakah jaket outdoor cukup mumpuni jika digunakan untuk keperluan riding atau motoran?

"Jaket outdoor itu biasanya memakai bahan cordura, polyester hingga goretex yang juga dipakai di jaket riding. Ini karena sifat bahannya yang waterproof dan mampu menahan angin," buka Irfan Arifahni, Owner brand apparel riding A1AM Gear dan X-Road, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: Ketimbang Pakai Jaket Jeans atau Kulit Saat Riding, Bahan Ini Justru Lebih Aman dan Nyaman! Bahan Apa Ya?

Meski begitu Irfan mengungkapkan, jaket riding lebih mumpuni digunakan untuk berkendara meskipun jaket outdoor memiliki bahan yang mirip.

"Walaupun bahannya kurang lebih sama, bahan cordura di jaket riding dan jaket outdoor ini jenisnya berbeda karena keduanya punya fungsi yang juga berbeda. Namun jaket outdoor akan kurang nyaman dipakai riding karena biasanya jaket ini juga sebagai penghangat. Jadi akan panas kalau dipakai riding," ucapnya.

Kurang nyamannya jaket outdoor untuk berkendara, disebut Irfan juga karena ada perbedaan pada jenis bahan yang digunakan untuk bagian dalamnya.

"Bagian inner atau dalaman jaket outdoor yang bahannya wol bikin tidak nyaman saat dipakai motoran. Sementara di jaket riding, dalamnya itu pakai bahan mesh yang lebih nyaman untuk motoran karena dapat memberi sirkulasi udara yang baik," sambungnya.

Baca Juga: Tahun Baru Jaket Riding Baru, Ini 3 Rekomendasi Jaket Riding Harian dari A1AM Gear, Gak Sampai Rp 500 Ribu!

Ilustrasi Jaket riding Kushitani yang memakai protector
Vedhit/GridOto.com
Ilustrasi Jaket riding Kushitani yang memakai protector


Irfan menambahkan, jaket outdoor kurang direkomendasikan untuk berkendara karena tidak memiliki fitur pengaman yang biasanya disematkan di jaket riding.

"Selain kurang nyaman, jaket outdoor ini enggak punya protector yang bisa mengurangi risiko cedera saat rerjadi kecelakaan. Tapi meski tidak semua jaket riding ada protector-nya, jaket riding harian di A1AM Gear dan X-Road sudah dilengkapi kantung untuk memasang protector di bagian dalamnya. Jadi lebih aman," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa