Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GridOto Award 2020

GridOto Award 2020: Honda All New BeAT Bergelar Skutik Entry Level Terbaik

Harry - Rabu, 16 Desember 2020 | 11:00 WIB
Test Ride Honda All New BeAT
Test Ride Honda All New BeAT

GridOto.com-Nama Honda BeAT sudah sangat kuat sebagai penguasa skutik entry level, sekaligus motor terlaris Honda di dunia. Motor ini sudah terjual lebih dari 17 juta unit sejak tahun 2008 silam. Banyak ya?

Model terbarunya yang dikenalkan pada awal tahun 2020 ini, membawa perubahan besar dari sasis, desain, fitur serta mesin yang semuanya benar-benar baru, jadi bukan hanya ganti bodi saja.

(Baca Juga: Mau Boyong Honda All New BeAT di Yogyakarta, Segini Harganya Per Oktober 2020)

Dimensi yang kecil terasa lincah untuk dipakai di kota-kota besar yang padat. Ukuran yang ringkas juga memudahkan banyak orang untuk mengendarainya, khususnya wanita dan ibu-ibu.

Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang awalnya dipakai di Honda Genio. Sasis eSAF dibuat dari lembaran baja yang dipres dan dilas, dengan proses laser welding seperti rangka mobil. Efeknya jadi lebih ringan.

Test Ride Honda All New BeAT

Bobot rangka tereduksi cukup banyak, dan secara total keseluruhan motor jadi lebih ringan, kini hanya 89 kg (CBS) dan 90 kg (CBS-ISS). Enteng bangetkan?

Dikenal sebagai skutik yang irit, Honda memberikan mesin yang benar-benar diset untuk mengejar akselerasi putaran bawah, dengan stroke panjang mencapai 63,1 mm. Ukuran pistonnya sendiri hanya 47 mm.

(Baca Juga: Boyong All New Honda BeAT di Semarang, Harga Mulai Rp 17 Jutaan)

Tenaga yang mampu dihasilkan sampai 8,9 dk @ 7.500 rpm dengan torsi 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Dengan mesin baru ini, kapasitas oli mesin juga menyusut jadi cuma 650 ml saja.

Soal konsumsi bahan bakar, dari hasil pengetesan Honda All New BeAT bisa mencapai 51 km/liter. Jika tangki 4,2 liter terisi penuh, skutik ini bisa melaju sejauh 214,2 km!

Dengan segala keunggulannya tadi, enggak heran kalau skutik ini mampu mendapatkan gelar The Best Skutik 110-125 cc Entry Level GridOto Award 2020.

Selamat!

GridOto Award 2020

Totalnya ada 33 tipe sepeda motor baru yang dites sepanjang periode November 2019 sampai Oktober 2020.

Sedang total motor yang masuk dalam nominasi penilaian tahun ini adalah 81 tipe dari berbagai merek.

Mulai dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, Kymco, Benelli, BMW Motorrad, Vespa, Piaggio, Peugeot, SYM, Royal Alloy, KTM, SM Sport, Cleveland, Viar hingga ECG0 dan Moto Guzzi .

(Baca Juga: Tanpa Kabel! Begini Cara Kerja Sensor Speedometer Honda All New BeAT)

Perlu dicatat juga, tidak semua motor yang pernah direview oleh GridOto.com bisa masuk sebagai nominasi.

Hanya motor-motor yang sudah diambil data pengetesannya secara lengkap oleh tim GridOto.com yang berhak menjadi nominasi.

Atau motor-motor yang sudah melalui sesi test ride, bukan first ride atau sekedar first impression.

Parameter penilaiannya meliputi desain, fitur dan teknologi, handling dan riding position, performa, konsumsi bensin juga value for money.

Nominasi Skutik 110-125 cc Entry Level:  
- Honda All New BeAT
- Honda Genio
- Yamaha Mio S
- Yamaha Mio M3
- Suzuki Nex II
- Suzuki Address
- Suzuki Nex ll Cross

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa