Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners: Pasang Backrest Buat Motor harian, Begini Penjelasan Pakar Safety

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 16 Desember 2020 | 12:50 WIB
Backrest Shad
YIMM
Backrest Shad

GridOto.com – Memasang behel sandaran jok motor atau backrest pada motor kesayangan memang membuat motor semakin tampak keren dan berboncengan tidak pegal saat riding jauh atau turing.

Tapi, ada baiknya backrest hanya digunakan untuk motor gede (moge), pasalnya bila diterapkan skuter matik (skutik) harian bisa mengganggu keseimbangan saat riding.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan backrest biasanya digunakan untuk moge seperti Harley Davidson atau Honda Goldwing, pasalnya motor tersebut memiliki tingkat keseimbangan yang baik.

Namun, ia tidak menyarankan tren modifikasi backrest untuk skutik harian gambot seperti Yamaha NMAX atau Honda PCX.

Baca Juga: Ini Dia! Daftar Para Pemenang Spesial Award di GridOto Award 2020

Karena selain mengganggu kesimbangan, backrest pada skutik hanya terhubung pada behel belakang saja tidak ke sasis motor sehingga harus diuji coba terlebih dahulu.

“Bicara backrest tidak disarankan di motor harian atau matik karena mengganggu keseimbangan, kalau kita bicara nyender ke belakang belum tentu keseimbangan motornya bagus. Jadi yang benar posisi duduk penumpang harus rapat ke pengemudi,” ujar sonny saat dihubungi GridOto.com, Selasa (15/12/2020)

Selain itu, Sonny menjelaskan untuk para bikers yang ingin memodifikasi motor tidak hanya mementingkan faktor kenyamanan atau tampilan yang keren saja, faktor keamanan pun harus dijaga.

Pada intinya, Sonny membeberkan untuk para boncengers harus pada posisi waspada dan fokus ke jalan melihat ke depan dan sekeliling untuk memberikan informasi kepada pengendara bila ada bahaya.

Baca Juga: GridOto Award 2020: Ini Dia 17 Pemenang Katagori Resale Value!

“Bawa motor itu tidak bisa santai sekalipun penumpang tetap harus dalam posisi siap dan waspada," terangnya

"Makanya banyak sekali penumpang lebih fatality dari pada pengemudi karena penumpang tidak terlalu waspada karena selalu mempercayakan perjalanan ini kepada pengemudi,” tutupnya.
 

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa