Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren: Hyundai Tucson Sering Mengalami Masalah di Bagian Ini, Periksa Dulu Sebelum Membeli

Naufal Shafly - Sabtu, 31 Oktober 2020 | 12:30 WIB
Hyundai Tucson
Dok. Auto Bild Indonesia
Hyundai Tucson

GridOto.com - Kalau sobat mengincar Hyundai Tucson generasi kedua yang hadir selama periode 2010-2015, ada baiknya ketahui dulu masalah yang sering menimpa mobil ini.

Meskipun secara umum mobil ini tergolong bandel, tapi ada salah satu bagian yang sering mengalami masalah.

"Kalau masalah Hyundai Tucson gen dua, dia kan SUV, bodinya cukup berat juga, biasanya sih masalahnya di kaki-kaki. Selain kaki-kaki sih selama saya pegang aman-aman aja, mesinnya lumayan bandel," ucap Wahidin Sugianto, owner Dian't Jaya Motor (DJM) bengkel spesialis KIA dan Hyundai di BSD, Tangerang Selatan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Udin menyebut, ada beberapa part di sektor kaki-kaki yang jamak mengalami malfungsi.

Baca Juga: Seken Keren: Jangan Sampai Beli Mazda Biante Bekas Banjir, Bengkel Spesialis Kasih Triknya Biar Enggak Ketipu

Part tersebut diantaranya bushing arm kecil, bushing arm besar, ball joint, link stabilizer, dan karet stabilizer.

"Tapi yang paling sering kena itu karet stabilizer sama link stabilizer. Kalau dua part itu udah diganti tapi masih muncul bunyi, itu biasanya dari bushing arm besar dan kecil, serta ball joint-nya," kata Udin saat ditemui GridOto.com, Jumat (30/10/2020).

"(Masalah) itu bisa dilihat dari fisiknya, biasanya retak dulu, lalu pecah, efeknya kalau dipakai itu bunyi dan enggak akan nyaman kalau dipakai jalan," lanjutnya.

Dian't Jaya Motor, Bengkel Spesialis KIA Hyundai di BSD.
Naufal Shafly/GridOto.com
Dian't Jaya Motor, Bengkel Spesialis KIA Hyundai di BSD.


Kalau masalah tersebut tidak segera diperbaiki, Udin mengatakan kerusakan bisa merembet ke komponen lain seperti sokbreker.

Baca Juga: Seken Keren: Cegah Bunyi Jedug dan Macet, Begini Perawatan Matik Mazda Biante Yang Benar di Bengkel Spesialis

"Sokbreker sih aman, dia biasanya rusak akibat bushing arm, link stabilizer atau karet stabilizernya bermasalah. Kalau kaki-kakinya aman, sokbreker pasti aman," jelasnya.

Untuk perbaikannya, biaya yang dipatok di DJM relatif terjangkau.

Misal, untuk komponen bushing arm besar, harganya Rp 125 ribu sampai Rp 175 ribuan. Sedangkan bushing arm kecil sekitar Rp 90 ribuan sampai Rp 100 ribuan.

Baca Juga: Seken Keren: Biaya Perbaikan dan Harga Part Kaki-kaki Nissan X-Trail T31 di Bengkel Spesialis, Mulai Rp 75 Ribu Sob!

"Ball joint sekitar Rp 200 ribuan sampai Rp 250 ribuan. Link stabilizer Rp 185 ribuan sampai Rp 250 ribuan. Karet stabilizer Rp 45 ribuan sampai Rp 90 ribuan," tukasnya.

"Itu pakai part aftermarket, kalau original harganya biasanya hampir dua kali lipat dari harga itu," tutupnya.

Dian't Jaya Motor (DJM): BSD Autoparts, Blok G nomor 19 (085100415166)

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa