Penjualan Aksesori RCB di Indonesia Melonjak Saat Pandemi Covid-19, Lho Kok Bisa?

Harun Rasyid - Selasa, 27 Oktober 2020 | 20:10 WIB
Ilustrasi kaliper rem RCB
Instagram
Ilustrasi kaliper rem RCB

GridOto.com - Berbeda dengan sektor industri otomotif lain yang goyah saat pandemi Covid-19, penjualan aksesori motor merek RCB justru melesat tahun ini.

Menurut Marcel Ganie, Direktur PT Enwan Multi Partindo selaku distributor resmi RCB di Indonesia, permintaan akan produk aksesorinya di 2020 mengalami peningkatan yang terbilang signifikan.

"RCB meski masih tergolong brand yang seakan baru, permintaan di pasar cukup tumbuh signifikan tahun 2020 meskipun sempat terhambat pandemi Covid-19 di awal tahun," buka Marcel saat meeting virtual Otomotif Group, Selasa (27/10/2020).

"Sekitar bulan Maret memang kami sempat panik karena pasar benar-benar sepi dan drop. Tapi itu terjadi hanya 2 atau 3 minggu saja dan normal kembali," sambungnya.

Dimodif Serba Racingboy, Honda Winner X 150 Jadi Makin Sporty

Marcel mengatakan, segmentasi pasar jadi kunci mengapa RCB justru meraih hasil positif, di saat sektor otomotif lainnya mengalami penurunan.

"Aksesori termasuk barang hobi,  kondisinya cukup aman saat pandemi (Covid-19). Apalagi saat konsumen kami WFH banyak yang iseng utak-atik motor di rumah dengan beli aksesori," tutur Marcel lagi.

"Selain itu segmen pasar kami di kelas menengah pendapatannya aman dengan jumlah pengeluaran yang berkurang," katanya.

Ilustrasi velg RCB yang dibeli pemilik Yamaha NMAX
ARC Speed Shop
Ilustrasi velg RCB yang dibeli pemilik Yamaha NMAX


Marcel menyebut, jenis aksesori berukuran mini dari merek yang dulu bernama Racingboy ini, jadi produk terlaris yang diminati konsumen saat ini.

"Aksesori ukuran kecil yang bisa diutak-atik sendiri seperti brake system RCB, terbukti jadi best seller saat konsumen kami tidak banyak keluar rumah. Mungkin namanya hobi kan bisa sebagai hiburan atau pengusir bosan di rumah" sebutnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa