Sama-sama Mobil Listrik Hybrid, Lebih Irit Corolla Cross Hybrid atau Nissan Kicks?

Trybowo Laksono - Jumat, 23 Oktober 2020 | 14:38 WIB
Toyota Corolla Cross Hybrid VS Nissan Kicks e-POWER
Rizky Avryandi
Toyota Corolla Cross Hybrid VS Nissan Kicks e-POWER

GridOto.comToyota Corolla Cross Hybrid dan Nissan Kicks e-POWER adalah 2 SUV baru yang menyita perhatian banyak car enthusiast Indonesia.

Sebabnya karena masing-masing membawa teknologi canggih hybrid yang mengusung 2 sumber tenaga yakni motor listrik dan mesin bakar.

Namun sistem hybrid keduanya berbeda. Corolla Cross Hybrid memakai skema paralel hybrid yang mesin bakar dan motor listriknya bisa bekerja sendiri-sendiri atau simultan, untuk melajukan mobil.

Sedangkan Nissan Kicks e-POWER memakai serial hybrid, dimana mesin bakarnya hanya bertugas mengisi baterai untuk menjalankan motor listrik. Lalu motor listrik yang sepenuhnya melajukan mobil.

Toyota Corolla Cross dan Nissan Kicks Tak Dapat Insentif Pajak, Berapa PKB Tahunannya?

Meski skema hybridnya berbeda, namun keduanya punya 1 persamaan, yakni sama-sama membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) untuk bekerja.

Pertanyaannya, mobil hybrid yang sudah identik dengan irit bbm, siapa di antara Corolla Cross Hybrid dan Nissan Kicks e-POWER yang lebih irit?

Di rute Dalam Kota dengan average speed 22 km/jam, Kicks mencetak 21,1 km/l sedangkan Corolla Cross Hybrid lebih irit di angka 25,9 km/l.

Lalu di rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Kicks meraih 18 km/l dan Corolla Cross Hybrid terpaut tipis di 18,3 km/l.

Sehingga bisa dibilang, meski keduanya sudah sama-sama irit, namun jika ditanya mana yang lebih irit maka Corolla Cross Hybrid lah jawabannya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Trybowo Laksono

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa