Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

APAR Perlengkapan Wajib Mobil Baru di 2021

Pilihan Alat Pemadam Api Ringan Untuk Mobil, Ada Dua Jenis, Harga Mulai Rp 50 Ribu

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 2 Oktober 2020 | 19:28 WIB
Alat pemadam api ringan (APAR)
Alat pemadam api ringan (APAR)

GridOto.com - Mulai tahun depan, Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Kemenhubdat) mengharuskan mobil baru untuk dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No. 972/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Wajibnya penyediaan APAR sendiri memang lebih ditujukan untuk GAIKINDO dan Agen Pemegang Merek (APM) sebagai pembuat, perakit, serta pengimpor kendaraan bermotor.

Tapi mengingat bahaya kebakaran mobil memiliki banyak faktor pemicu dan sulit untuk ditebak, tidak ada salahnya kita menyiapkan APAR di mobil masing-masing.

Baca Juga: Siap-Siap! Tahun Depan Kemenhub Wajibkan Mobil Baru Ada Alat Pemadam Api Ringan

APAR sendiri memiliki banyak jenis bahan pemadam, tapi mana yang kira-kira cocok digunakan untuk mobil?

Dwi Prasetyo, selaku Sales Marketing APAR Liberty yang merupakan produsen dan distributor APAR menyarankan penggunaan APAR jenis AFFF (Aqueous Film Forming Foam) atau jenis Dry Chemical.

“Untuk mobil bisa menggunakan APAR jenis AFFF (busa) atau Dry Chemical (bubuk kimia kering),” ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (2/10/2020).

APAR jenis AFFF atau busa berfungsi dengan cara menutup bahan yang terbakar, sehingga oksigen tidak dapat masuk dan api akan cepat padam.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa