Isuzu Menilai Relaksasi Pajak 0 Persen Tak Pengaruhi Penjualan Mobil Komersial, Begini Alasannya

Wisnu Andebar - Kamis, 1 Oktober 2020 | 18:05 WIB
Isuzu mu-X
Trybowo Laksono
Isuzu mu-X

GridOto.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menilai bahwa relaksasi pajak pembelian mobil baru 0 persen tidak berpengaruh terhadap penjualan mobil komersial.

Sebab, pemangkasan pajak pembelian mobil baru tersebut dinilai hanya memengaruhi harga mobil, bukan aktivitas bisnis.

"Apakah dengan stimulus pajak 0 persen akan menstimulus pembelian mobil komersial secara langsung? Belum tentu, karena kebutuhan kendaraan komersial tergantung langsung dengan aktivitas bisnis," buka Attias Asril, selaku Marketing Division Head IAMI.

Menurutnya, berbeda jika stimulus diberikan untuk menggerakan aktivitas bisnis, tentunya akan berdampak langsung terhadap penjualan kendaraan komersial.

Baca Juga: Modifikasi Isuzu D-Max Usung Gaya Racing Bertabur Part Karbon

"Tetapi kalau (stimulus) diberikan untuk harga kendaraannya, sementara kegiatan bisnis masih tersendat, mungkin dampaknya tidak akan terlalu besar terhadap penjualan khususnya mobil komersial," terang pria yang akrab disapa Aat dalam konferensi video, Kamis (1/10/2020).

Lebih lanjut ia berharap, usulan relaksasi tersebut dapat segera terlaksana, agar tidak menimbulkan kebingungan masyarakat yang justru malah membuat industri otomotif semakin terpuruk.

Pasalnya, dengan adanya usulan yang digagas oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita itu, malah menjadikan konsumen menunda pembelian mobil untuk sementara waktu.

Baca Juga: Isuzu Sebut Kebutuhan Ambulans yang Membeludak Jadi Pendorong Penjualan

"Mengenai pajak 0 persen sedikit banyak ada dampak yang membuat orang menunggu apakah kebijakan ini akan jalan atau tidak, jadi membuat (penjualan mobil) agak tertahan," sebutnya.

"Tetapi kalau memang benar terlaksana, pajak 0 persen tentunya akan menaikkan daya beli karena harga yang turun," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa