Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masih Banyak Yang Bingung, Begini Cara Kerja Radiator Di Motor

Isal - Selasa, 4 Agustus 2020 | 19:40 WIB
Ilustrasi radiator di motor
Istimewa
Ilustrasi radiator di motor

GridOto.com - Bukan sekedar pajangan, ternyata radiator punya fungsi penting untuk membantu proses pendinginan mesin motor.

Berbeda dengan motor berpendingin udara, pada motor berpendingin cairan, proses pendinginan mesin dibantu komponen pendingin tambahan yakni radiator dan perlengkapannya.

"Air radiator atau coolant yang masuk ke radiator itu sebenarnya sudah mengalami proses yang panjang sebelumnya," buka Abdullah Syafei selaku Kepala Bengkel Pro Matic Cilangkap, bengkel spesialis motor matic kepada GridOto.com pada Senin (03/08/2020).

Untuk meredam panas, air radiator atau coolant pada kondisi mesin dingin sudah berada pada water jacket di dalam blok silinder mesin.

Baca Juga: Banyak Yang Belum Tahu, Copot Thermostat Punya Efek Buruk Bagi Mesin

Namun, dalam kondisi mesin masih dingin ini coolant belum bersirkulasi karena thermostat masih menutup jalur sirkulasi coolant.

"Jika coolant sudah meredam panas mesin, air radiator atau coolant jadi panas. Untuk melepas panas pada coolant, thermostat akan membuka jalur coolant sehingga coolant bisa bersirkulasi," jelas Bang Fei.

Sirip bagian radiator yang meliuk seperti sarang nyamuk. Kisi-kisi bagian radiator yang lurus untuk tempat mengalirnya air
Nurul
Sirip bagian radiator yang meliuk seperti sarang nyamuk. Kisi-kisi bagian radiator yang lurus untuk tempat mengalirnya air

Di antara sirip radiator terdapat lorong-lorong yang biasa disebut kisi-kisi dan akan terisi oleh coolant untuk melepas panas.

"Fungsi sirip pada radiator itu untuk menangkap angin yang kemudian mendinginkan air radiator di kisi-kisi yang tadinya panas menjadi dingin," papar Bang Fei saat ditemui di bengkelnya di Jalan Raya Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

Baca Juga: Jangan Tergiur Beli Slang Radiator Aftermarket Meteran, Ini Akibatnya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa