Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners: Jangan Sampai Celaka Karena Keenakan, Perhatikan Kecepatan Saat Keluar Jalan Bebas Hambatan

Harun Rasyid - Jumat, 17 Juli 2020 | 21:35 WIB
Ilustrasi kendaraan melintasi fly over
Tribunjateng.tribunnews.com
Ilustrasi kendaraan melintasi fly over

GridOto.com - Berkendara di jalan bebas hambatan seperti fly over ataupun jalan tol memang sangat kontras dengan jalan raya biasa.

Di jalan raya atau jalan umum pengendara memang banyak menemui banyak hambatan mulai dari kemacetan, kendaraan putar arah hingga pejalan kaki menyeberang.

Perbedaan inilah yang membuat pengendara sering tidak waspada, saat kendaraannya beralih dari jalan bebas hambatan ke jalan raya dengan situasi lalu lintas yang padat.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, perbedaan situasi lalu lintas di jalan yang berbeda dapat menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga: Street Manners: Belok Tanpa Sein Melanggar Hukum, Kalau Pakai Isyarat Tangan Boleh Enggak?

"Ada suatu fenomena ketika pengendara motor atau mobil lupa beradaptasi dari yang tadinya melaju dari fly over atau tol ke jalan raya biasa. Sehingga ketika menemui lalu lintas normal yang banyak hambatan semisal orang menyeberang, pengendara hilang kendali dan bisa terjadi kecelakaan," ujar Jusri saat dihubungi GridOto.com, Jumat (17/7/2020).

Selain itu menurutnya, pengendara juga secara tidak sadar salah memperkirakan kecepatan saat kendaraannya mau memasuki jalan non-tol tersebut.

Ilustrasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek
Jabar.tribunnews.com
Ilustrasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek


"Fly over atau jalan tol kan tidak ada hambatan, kecepatan kendaraan juga rata-rata tinggi bahkan bisa 100 km/jam. Saat transisi dari jalan bebas hambatan ke jalan dengan lalu lintas padat, kecepatan memang berkurang tapi banyak yang salah perkiraan," terang Jusri

"Misalnya saat di tol kecepatannya 100, keluar dari tol masih 70. Padahal 70 km/jam itu kalau di jalan raya kencang sekali. Inilah penyebab jika pengendara menghadapi kejadian yang tidak diharapkan, kendaraan tidak mampu bermanuver atau melambat dengan baik karena kecepatannya masih over," lanjutnya.

Baca Juga: Street Manners: Antisipasi Bahaya Gejala Power Skids Saat Mengemudi

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa