Handling Toyota Innova Lebih Mantap, Pakai 2 Jenis Stabilizer Bar Ini

Radityo Herdianto - Senin, 29 Juni 2020 | 08:00 WIB
Toyota Innova Venturer
Toyota Innova Venturer

GridOto.com - Mobil multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota, Kijang Innova dinilai memiliki kelebihan dalam kenyamanan.

Bantingan suspensi yang empuk untuk mengejar kenyamanan kerap kali Toyota Innova dirasa limbung yang mengurangi handling.

Anda bisa bikin handling Toyota Innova lebih mantap dengan pasang stabilizer bar tambahan dari Ultra Racing pada bagian sasis.

"Kalau Innova Reborn untuk penggunaan harian cukup pakai dua stabilizer bar, front lower dan rear anti roll," sebut Hans Steven, pemilik bengkel spesialis Speed'Z Performance, Cipondoh kepada GridOto.com.

Front lower bar dipasang pada empat titik yang menghubungkan antara bagian lower arm depan dengan sasis depan mobil.

Anti Roll Bar Ultra Racing
Radityo Herdianto / GridOto.com
Anti Roll Bar Ultra Racing

Baca Juga: Pasang Peredam Kabin Mobil Waktu Upgrade Audio, Mulai Dari Sini Dulu

"Sewaktu mobil berbelok, stabilizer bar mendistribusikan bobot supaya tidak berat di satu sisi yang menyulitkan belok sehingga kerja lower arm tetap seimbang," jelas Hans.

Untuk mendukung sasis bagian depan yang sudah dibuat kaku, sasis bagian belakang Toyota Innova juga perlu dibuat kaku dengan pasang rear anti roll bar.

"Pemasangan dua titik di kedua mounting suspensi belakang yang mengikat sasis mobil, tujuannya untuk mengurangi fleksibilitas sasis saat manuver," terang Hans.

Lanjut Hans, sasis mobil antara bagian depan dan belakang cenderung 'melintir' saat berbelok yang membuat mobil oversteer dan terbalik, dimana rear anti roll bar menahan perpindahan bobot agar sasis tidak melintir.

Untuk pemasangan stabilizer bar di Toyota Innova Anda bisa siapkan budget mulai dari Rp 3 jutaan sepaket belum termasuk jasa pemasangan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa