Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bingung Pilih Jenis Oli Buat Mesin Mobil? Pertimbangkan Hal Ini

Radityo Herdianto - Senin, 22 Juni 2020 | 10:00 WIB
Perhatikan Angka Viskositas Oli Mesin Mobil yang Digunakan
Radityo Herdianto / GridOto.com
Perhatikan Angka Viskositas Oli Mesin Mobil yang Digunakan

GridOto.com - Bingung pilih jenis oli mesin buat mobil, oli kental atau oli encer?

Sejatinya angka viskositas oli mesin yang digunakan harus mengikuti spesifikasi pabrikan mobil untuk menghindari kerusakan mesin.

Namun ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jenis oli mesin mobil.

"Oli kental atau oli encer sebenarnya kembali lagi ke bagaimana kondisi real mobil itu digunakan," ujar Alvin Suwarna, Director PTT Oil Indonesia kepada GridOto.com.

Alvin mencontohkan seperti mobil dengan mobilitas yang tinggi atau sering melewati rute macet punya kecenderungan mesin bekerja lebih keras dan menghasilkan panas berlebih.

PTT Oil 5W-50 Full Synthetic
Radityo Herdianto / GridOto.com
PTT Oil 5W-50 Full Synthetic

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin Rusak Saat Mobil Jarang Dipakai

"Berarti perlu oli dengan viskositas yang lebih tinggi dari standar, katakanlah dari 0W-20 ke 5W-30 sehingga mendapatkan fungsi pendinginan dari oli yang lebih kental," terang Alvin.

Menurut Alvin, penggunaan viskositas oli yang sama dikhawatirkan cepat merusak molekul yang melapisi komponen mesin saat pelumasan karena panas berlebih yang dihasilkan.

"Kalau mobil dipakai wajar untuk sehari-hari seperti perjalanan ke kantor dan ditinggal parkir sebaiknya tetap menggunakan spesifikasi standar," sebut Alvin.

Lanjut Alvin, perlu diperhatikan juga bagi pengguna mobil usia tua yang sudah mencapai 100 ribu kilometer lebih untuk menggunakan oli dengan viskositas tinggi karena komponen mesin mulai mengalami pemuaian dan pelebaran celah.

"Penggunaan oli mesin itu dinamis karena mengikuti penggunaan mobil seperti apa, tidak bisa terpaku pada satu jenis viskositas oli," tekan Alvin.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa