Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Beberapa Faktor Penyebab Smart Key Mobil Tidak Bekerja Optimal

Ryan Fasha - Jumat, 26 Juni 2020 | 09:56 WIB
Remote Keyless Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar
Radityo Herdianto / GridOto.com
Remote Keyless Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar

GridOto.com - Teknologi smart key alias kunci pintar sebagai cara untuk membuka dan mengunci pintu mobil atau menyalakan mesin mobil sudah umum saat ini.

Smart key ini memanfaatkan sinyal frekuensi tertentu untuk berkomunikasi antara transmitter di remote dan reciever di dalam mobil.

Bila nilai sinyal frekuensi kedua komponen sama, maka Anda bisa membuka pintu mobil dengan menekan tombol di remote atau di handel pintu mobil.

Jika mobil dibekali tombol starter mesin, maka Anda bisa langsung menyalakan mobil.

Namun, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan smart key ini tidak bisa bekerja dengan optimal seperti tombol buka kunci sudah ditekan, tapi kunci pintu tidak juga terbuka.

Ilustrasi smart key Toyota Rush
Dok. Otomotif
Ilustrasi smart key Toyota Rush

Baca Juga: Awas Kaca Film Rusak, Begini Cara Bersihkan Jendela Mobil Bagian Dalam

Salah satu penyebab utama yang bikin remote mobil tidak bisa bekerja dengan sempurna adalah listrik tegangan tinggi yang berasal dari menara SUTET (Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi).

"Sinyal frekuensi yang ada di sekitar menara SUTET bisa menjadi penghalang komunikasi sinyal remote mobil," jelas Didi Ahadi, Dealer Technical Support Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) kepada Gridoto.com.

Selain menara SUTET, di beberapa kasus ada smart key yang tidak bisa bekerja karena mobil parkir dekat BTS (Base Transceiver Station) milik operator jaringan telepon.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa