Mobil dengan Mesin Turbo, Waspada Dengan Bahaya Kerusakan Satu Ini

Radityo Herdianto - Rabu, 24 Juni 2020 | 08:00 WIB
Mesin Wuling Cortez CT sudah pakai turbo
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Mesin Wuling Cortez CT sudah pakai turbo

GridOto.com - Tidak hanya melapisi komponen di dalam mesin, oli mobil juga berperan penting untuk menjaga pembakaran mesin.

Tidak terkecuali mobil dengan mesin turbo yang mulai banyak digunakan pabrikan mobil memerlukan kualitas oli yang baik untuk menjaga pelumasan dan pembakaran mesin.

Bagi pengguna mobil dengan mesin turbo, harap waspada dengan masalah satu ini yang bisa menjadi penyebab kerusakan mesin.

"Adalah gejala low-speed pre-ignition atau LSPI, dimana bahan bakar terbakar duluan sebelum piston naik untuk kompresi di kecepatan rendah," buka Alvin Suwarna, Director PTT Oil Indonesia kepada GridOto.com.

Menurut Alvin, gejala ini disebabkan karena hilangnya pelumasan oli di dinding silinder akibat penumpukan bahan bakar di satu bagian dinding silinder ruang bakar mesin.

Mesin enam silinder segaris 3.000cc turbocharged racikan Manhart
Motor1
Mesin enam silinder segaris 3.000cc turbocharged racikan Manhart

Baca Juga: Semakin Tua Usia Mobil Perlu Jenis Oli yang Kental, Ini Alasannya

"Mesin turbo punya injektor yang posisinya berada di samping dan semprotannya cukup kencang karena kompresinya cukup tinggi bahkan di putaran rendah," terang Alvin.

Lanjut Alvin, oli yang seharusnya melapisi dinding silinder saat piston turun, penyemprotan bahan bakar di satu bagian terus menerus lama-lama mengikis lapisan oli.

"Sewaktu piston naik akan menghasilkan percikan api akibat dari gesekan langsung antara logam dengan logam, sehingga bahan bakar meledak duluan," 

Letupan sebelum kompresi ini memaksa menekan piston dimana akan memicu efek retak dan piston mobil berisiko mudah pecah.

"Dari gejala ini bagaimana oli mesin harus dilakukan upgrade dengan standar SP seperti PTT Oil yang mencegah pengikisan lapisan oli di dinding silinder dari bahan bakar di mesin turbo," sebut Alvin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa