Sekencang Apa Sih Kendaraan Bisa Digeber di Tong Setan? Ternyata Segini Rekor Kecepatannya Naik Motor

Ditta Aditya Pratama - Minggu, 17 Mei 2020 | 22:08 WIB
Aksi pemecahan rekor kecepatan tertinggi di tong setan
Channel 4
Aksi pemecahan rekor kecepatan tertinggi di tong setan

GridOto.com - Lagi pandemi kayak gini, jadi enggak berasa nih aura keramaian di pasar malam yang kadang menyajikan atraksi tong setan.

Memang enggak ada mistis-mistisnya, atraksi tong setan yaitu motor yang berputar-putar di dinding tong sebetulnya bisa dijawab dengan hukum fisika.

Gaya sentrifugal arahnya ke luar lintasan lingkaran membuat roda bisa menempel seolah rider tertarik ke arah tembok dan membuat gaya kontak antara tembok.

Sedangkan gaya kontak tembok menahan beban rider itu gaya sentripetalnya. Maka semakin tinggi kecepatannya, maka semakin besar gaya sentripetal maupun sentrifugalnya.

Baca Juga: Namanya Adjustable Spanner, Kenapa Disebut Kunci Inggris? Ini Ceritanya... 

Tong setan ternyata enggak cuma populer di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

Buktinya di Inggris, tong setan juga kerap muncul di pasar malam dengan nama wall of death. 

Makanya enggak heran kalau pemegang rekor kecepatan tong setan tertinggi yang tercatat oleh Guinness World of Records dipecahkan pada tahun 2016 oleh orang Inggris.

Buat kamu yang udah akrab sama dunia otomotif, pasti enggak asing dengan Guy Martin, seorang mekanik truk asal Inggris yang juga seorang pembalap Isle of Man TT.

Rekor kecepatan di tong setan yang ditorehkan Guy Martin sebesar 125 Km/jam, angka itu memang enggak impresif kalau kamu bandingin sama kecepatan di jalan raya, tapi ya kita ngomongin tong setan yang sempit dan kamu berputar-putar terus kayak di dalam blender.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa