Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners : Biar Paham! Begini Proses Urus Surat Kendaraan jika Ganti Warna

M. Adam Samudra - Selasa, 5 Mei 2020 | 13:30 WIB
Ilustrasi varian warna mobil
Caranddriver.com
Ilustrasi varian warna mobil

GridOto.com - Untuk pemilik kendaraan yang gemar tampil berbeda atau peduli dengan tampilan kendaraan, warna jadi salah satu bagian yang mendapat sentuhan perubahan.

Namun, diharapkan pemilik tidak lupa untuk ikut mengubah dokumen kendaraan.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Nyoman Yogi mengingatkan segala perubahan dalam kendaraan wajib segera diurus surat-suratnya agar tidak melanggar hukum.

"Untuk perubahan warna pada BPKB juga akan dilakukan perubahan data warna pada STNK sehingga STNK juga perlu diganti," kata Nyoman saat dihubungi GridOto.com, Senin (4/5/2020).

Baca Juga: Ingin Mempertahankan Warna Mobil Putih Supaya Tidak Menguning? Perhatikan Hal Ini!

Lalu bagaimana proses pengurusannya? menjelaskan, hal yang perlu dilakukan adalah penggantian warna kendaraan terlebih dahulu baru kemudian mempersiapkan pengurusan surat.

Nyoman menilai, pemilik kendaraan cukup membawa syarat-syarat berupa BPKB, STNK, KTP, cek fisik kendaraan, dan surat keterangan bengkel yang melakukan perubahan.

Jadi pertama yang perlu diminta adalah surat keterangan resmi bengkel tempat pengecatan.

"Pastikan bengkel tempat pengecatan memiliki surat izin resmi karena juga akan dibutuhkan sebagai tambahan dokumen," ucap Nyoman.

Baca Juga: Puluhan Bocah SMP Terciduk Karena Nekat Konvoi, Polisi: Ini Lucu, Kan Belum Ada Pengumuman Kelulusan

Sertakan salinan SIUP, NPWP bengkel tempat mengganti warna.

Datang ke samsat terdekat dengan membawa kelengkapan surat-surat tersebut lalu menuju tempat tes fisik kendaraan sembari membawa kendaraan yang sudah diubah warnanya.

Setelah lengkap masukkan dokumen ke loket administrasi.

Besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk penggantian STNK dan BPKB merujuk pada PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yaitu sebesar  225 ribu untuk kendaraan roda dua, dan 375 ribu untuk kendaraan roda empat untuk ganti BPKB, sementara untuk STNK dipatok Rp 100 ribu untuk motor dan Rp 200 ribu untuk mobil.

Jika pemilik kendaraan tidak melakukan pengurusan surat-surat kendaraan setelah perubahan dan kedapatan saat razia atau pemeriksaan, bisa ditilang oleh petugas.

Risikonya adalah kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa