Meski Diterpa Pandemi Covid-19, Suzuki Mampu Catatkan Kinerja Positif Selama Kuartal I 2020, Ini Penyebabnya!

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 4 Mei 2020 | 21:15 WIB
Suasana booth Suzuki di IIMS 2019.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Suasana booth Suzuki di IIMS 2019.

GridOto.com - Kendati pasar otomotif Tanah Air melemah dampak pandemi Covid-19, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) justru berhasil mencatatkan kinerja positif di sepanjang kuartal I 2020 kemarin.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), merek asal Jepang dengan logo 'S' ini berhasil menorehkan angka penjualan retail sebesar 25.425 unit.

Meningkat sebesar 7,9 persen jika dibandingkan periode yang sama di 2019 lalu, yang hanya membukukan angka penjualan retail sebesar 23.567 unit.

Menanggapi hal itu, Donny Saputra, selaku Marketing Direktur 4W SIS mengungkapkan, menigkatnya penjualan mereka selama periode tersebut tidak lepas dari kerjasama yang baik dengan dealer untuk menghadirkan beragam program menarik ke konsumen.

Baca Juga: Optimalkan Layanan Penjualan Selama Pandemi Covid-19, Suzuki Terapkan Kebijakan Ketat 'Hygiene Commitment', Apa Itu?  

"Di saat sulit seperti ini, kami tidak ingin membebani dealer dengan terus mengirimkan stok kendaraan, sementara kondisi pasar secara keseluruhan sedang mengalami penurunan. Kami berupaya saling mendukung dan memahami satu sama lain," ujar Donny saat dihubungi GridOto.com belum lama ini melalui pesan singkat.

"Kami bekerja sama dengan dealer untuk membuat berbagai program penjualan dan marketing yang menarik di awal tahun 2020, sehingga hal ini yang membuat angka retail sales Suzuki ter-maintain (terjaga) dengan baik," tuturnya.

Donny menambahkan, penjualan Suzuki selama kuartal I 2020 kemarin didominasi oleh model yang mereka produksi di dalam negeri.

Adapun penjualan terbanyak Suzuki masih dipegang oleh kendaraan niaga ringannya, yakni New Carry dengan kontribusi sebesar 51 persen dari total penjualan.

Baca Juga: Toyota Memimpin, Daihatsu dan Honda Membuntuti, Suzuki Mengejutkan! Berikut Rapor Lima Merek Terlaris di Kuartal Pertama 2020

Kemudian ada Suzuki All New Ertiga dan XL7 yang juga memberikan kontribusi besar untuk penjualannya di segmen kendaraan penumpang.

"Pada periode Januari-Maret, model-model kendaraan Suzuki yang memberikan kontribusi tertinggi di antaranya adalah New Carry Pick Up sebesar 51 persen, XL7 sebesar 9 persen, dan All New Ertiga sebesar 18 persen," papar Donny lagi.

"Ketiganya adalah model kendaraan yang diproduksi di dalam negeri," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa