Optimalkan Layanan Penjualan Selama Pandemi Covid-19, Suzuki Terapkan Kebijakan Ketat 'Hygiene Commitment', Apa Itu?

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 1 Mei 2020 | 19:40 WIB

Suzuki menerapkan kebijakan 'Hygiene Commitment' sebagai upaya antisipatif mencegah penyebaran Covid-19 di dealernya. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air membuat banyak masyarakat merasa khawatir untuk berinteraksi dan beraktivitas seperti biasa, termasuk dalam hal pembelian kendaraan.

Hal itu membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencoba trobosan baru untuk menunjang layanan penjualannya, dengan menerapkan kebijakan 'Hygiene Commitment' atau Komitmen Higienis sebagai upaya antisipatif.

Donny Saputra, selaku Marketing Direktur 4W SIS mengungkapkan, kebijakan ketat tersebut berlaku untuk seluruh dealernya, berupa pedoman-pedoman yang mengatur bagaimana mereka harus beroperasi dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan.

Seperti standar interaksi antara karyawan dengan konsumennya yaitu menjaga jarak minimal 1-2 meter, penggunaan thermal gun, masker, sarung tangan, penyemprotan disinfektan, hand sanitizer, pelayanan pendukung, hingga pengaturan lay out dan furniture.

Baca Juga: Alasan Suzuki Pede Pasang Harga Ignis Facelift Hingga Mencapai Rp 200 Juta, Yakin Enggak Kemahalan?

"Kami menerapkan 'Hygiene Commitment' untuk seluruh dealer dalam upaya mencegah dan meminimalkan penyebaran virus Corona, seperti penyemprotan disinfektan untuk semua unit test drive dan unit yang dibeli pelanggan, layanan home test drive, atau penggunaan masker dan physical distancing di area dealer," ujar Donny dalam siaran resmi SIS, Jumat (1/5/2020).

"Semua ini kami lakukan untuk memastikan keamanan seluruh pelanggan kami dan tentunya sejalan dengan aturan pemerintah mengenai social distancing maupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," tuturnya.

Donny menambahkan, pihaknya juga memastikan setiap kendaraan akan disemprotkan cairan disinfektan terlebih dahulu sebelum diantar ke rumah konsumennya.

Petugas yang mengantarkannya pun menggunakan masker, sarung tangan, serta menjaga jarak aman sesuai dengan standar pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Suzuki Ertiga Terbaru Umbar Diskon, Potongan Bisa Sampai Puluhan Juta

Ia berharap, dengan adanya kebijakan Hygiene Commitment ini dapat memberikan ketenangan kepada pelanggan yang berinteraksi dengan dealer Suzuki.

"Di masa yang sulit ini kami ingin tetap memastikan bahwa seluruh konsumen kami tetap dapat menikmati produk dan layanan kami namun tetap merasa aman dan nyaman," papar Donny lagi.

"Selain itu, tentunya kami juga memastikan seluruh karyawan Suzuki dan dealer resmi kami juga
tetap aman selama melayani pelanggan," pungkasnya.