Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Corona!

Akibat Corona, Pengusaha Truk: Biasa Sebulan Rp 6-10 Juta, Sekarang Gak Tentu

M. Adam Samudra - Minggu, 19 April 2020 | 07:15 WIB
Ilustrasi gambar sopir truk di jalanan
Megapolitan Kompas
Ilustrasi gambar sopir truk di jalanan

 

GridOto.com - Sejak pandemi corona mewabah, Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengeluhkan pendapatan yang kian tidak menentu.

Hal itulah yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng-DI Yogyakarta Bambang Widjanarko.

"Saat normal biasa antara Rp 6 juta sampai Rp 10 juta sebulan. Sekarang dengan adanya wabah ini gak tentu," ujar Bambang Widjanarko saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (18/4/2020).

Menurutnya, para pengusaha di sektor pelayanan publik terutama di sektor logistik menjadi vital di tengah adanya bencana baik alam maupun non-alam seperti pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hebat! Teknologi Buatan Swedia Ini Bikin Sopir Truk Bisa Ikutan Work From Home

"Kerawanan di jalan saat ini jadi sangat sulit diduga, bukan pada spot-spot tertentu saja. Saat ini yang paling kuat ya BUMN. Kalau perusahaan swasta sudah molor-molor gak karuan. Pembayaran ongkos muat barang BUMN masih seperti biasa terminnya," paparnya.

"Dibayar berapa lama pun masih lumayan, pokoknya nantinya akan dibayar, ketimbang truk-nya nganggur, kalau kata orang Jawa kan masih untung ada yang ngasih kerjaan," bebernya.

Namun ia bersyukur pemerintah setempat tidak melakukan lockdown terhadap para sopir dan kernet yang pulang kerja.

"Ini sangat patut dihargai supaya para sopir dan kernet tetap bisa beraktifitas. Sebuah perikemanusiaan pada pilihan yang sulit," ungkapnya.

Baca Juga: Jadi Menu Wajib Untuk Pembalap F1, Sim Racing Masih Dianggap Game Oleh Pembalap-pembalap Senior Indonesia

Untuk diketahui, Aptrindo dideklarasikan pada tanggal 19 Agustus 2014 di Sunlake Hotel, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Anggotanya terdiri dari pengusaha-pengusaha truk di seluruh Indonesia.

Tujuan dibentuknya asosiasi ini adalah untuk membina dan mengembangkan kemampuan para anggota agar dapat bersaing secara global.

Selain itu, untuk menjalin hubungan kemitraan strategis dengan pemerintah dan seluruh komponen kekuatan bangsa untuk menciptakan dan mengembangkan iklim usaha yang kondusif, bersih dan transparan khususnya dibidang angkutan barang di jalan.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa