Siap-siap Disemprot Disinfektan, Empat Terminal di Yogyakarta Akan Sweeping Seluruh Penumpang Bus yang Datang

Ditta Aditya Pratama - Minggu, 29 Maret 2020 | 21:59 WIB
Ilustrasi penumpang bus disemprot disinfektan
Dian Ade Permana / Kompas.com
Ilustrasi penumpang bus disemprot disinfektan

GridOto.com - Terminal memang jadi tempat berkumpul banyak orang dan dianggap rentan penyebaran virus corona, oleh karena itu Pemda DIY akan melakukan sweeping total seluruh penumpang bus yang datang.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemda DIY bersama Dishub, Polri, TNI dan juga Dinkes DIY berencana melakukan sweeping di empat terminal Provinsi yang ada di wilayah DIY.

"Keempatnya itu adalah Terminal Giwangan, Jombor, Wonosari dan Wates. Sudah kami ajukan surat kepada ketua Organda yang ada di DIY," ujar Biwara Yuswantana yang juga sebagai Kalaksa BPBD DIY itu.

Tujuan sweeping bus yang datang dari luar daerah DIY tersebut, katanya, yang pertama adalah sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, menyusul banyaknya pemudik yang mulai masuk ke DIY.

"Pendataan itu terkait dari mana dan hendak kemana penumpang yang masuk ke DIY ini. Supaya apa? Memudahkan pelacakan jika di kemudian hari ada penambahan PDP," ungkapnya.

(Baca Juga: Pemerintah Tegal Berlakukan Local Lockdown, Bus Wajib Masuk Terminal, Nekat Turunkan Penumpang di Jalan Bisa Kena Sanksi)

Tim Gugus Tugas yang akan bertugas sweeping di terminal ini direncanakan bakal bekerja mulai pukul 01.00 dini hari, hingga pukul 06.00 WIB, menyesuaikan jadwal kedatangan bus dari luar daerah.

Namun, ada kemungkinan besar jika jadwal pemberangkatan moda transportasi bus akan dijadwal ulang supaya memudahkan pelacakan.

"Bisa juga nanti kami koordinasi dengan kanit lantas untuk merubah jadwal kedatangan bus, supaya memudahkan operasi," ungkap Biwara.

Tujuan kedua, nantinya para penumpang dan juga supir bus akan disemprot dengan disinfektan terlebih dahulu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa