Seluruh Armada Transjakarta Ditargetkan Menjadi Bus Listrik di 2030

Shafly - Rabu, 11 Maret 2020 | 17:30 WIB
Ilustrasi. Bus listrik Transjakarta buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB)
Kompas.com
Ilustrasi. Bus listrik Transjakarta buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB)

GridOto.com - Bukan rahasia lagi jika PT Transportasi Jakarta mulai mempersiapkan diri guna beralih ke penggunaan bus listrik sebagai armada operasional mereka.

Bahkan, pada Agustus 2019 lalu, Transjakarta sudah menguji coba bus listrik dengan rute di sejumlah lokasi wisata seperti Monas, Ancol, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Saat ditemui di kawasan Jakarta Covention Centre (JCC), Senayan, beberapa waktu lalu, Direktur PT Transportasi Jakarta, Yoga Adiwinarto, mengatakan penggunaan bus listrik sudah menjadi mandat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Hal ini menjadi satu bagian dari kampanye 'Jakarta Langit Biru' yang terus digalakkan Pemprov DKI Jakarta dalam beberapa waktu belakangan.

(Baca Juga: Tinggalkan BBG, Transjakarta Ungkap Alasan Kembali Gunakan Bus Berbahan Bakar Minyak)

"Kalau dari Pemprov DKI Jakarta, mereka sudah ada komitmen untuk mengubah 50 persen angkutan umum menjadi kendaraan listrik di tahun 2025," ucap Yoga.

"Mungkin lebih banyak di Transjakarta yang armadanya pakai listrik. Itu komitmen yang sudah disampaikan Pemprov di dalam forum," lanjunya.

Mendapat mandat tersebut, Yoga mengaku memiliki target sendiri, yakni mengganti seluruh armada Transjakarta dengan bus listrik di tahun 2030.

"Jadi memang roadmapnya sudah kami susun, dan kami juga ingin hal itu (armada Transjakarta bermotor listrik) benar ada lah. Secara plan, kami ingin di 2030 semua armada kami pakai listrik," ungkapnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa