Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Kerja Differential Lock di Truk, Mirip dengan Mobil Biasa?

Radityo Herdianto - Rabu, 11 Maret 2020 | 19:00 WIB
Differential Lock Truk Scania R560 V8
Radityo Herdianto
Differential Lock Truk Scania R560 V8

GridOto.com - Secara garis besar, differential lock berfungsi untuk mengunci gardan as roda agar distribusi tenaga mesin ke roda kiri dan kanan sama.

Biasa kita kenal di mobil biasa dengan penggerak 4x4, begitu juga dengan kendaraan truk yang juga punya fitur differential lock.

Apakah cara kerja differential lock di truk sama dengan kepunyaan mobil biasa?

"Kalau di truk dikenal dengan istilah interaxle dan interwheel differential lock, berlaku untuk truk 6 roda dengan tiga sumbu roda," buka Latif, Technical Consultant Scania PT United Tractors Tbk kepada GridOto.com.

Interaxle bekerja dengan mengunci gardan tengah antara sumbu roda kedua dan ketiga yang menjadi roda penggerak utama.

Tractor Head Scania
Rizky Apryandi/Otomotifnet
Tractor Head Scania

(Baca Juga: Truk Scania Punya Pengaturan Jok yang Canggih, Pakai Apa Tuh?)

Saat diaktifkan, putaran roda sumbu kedua dan ketiga dibatasi sehingga keempat roda depan dan belakang memiliki kecepatan putaran yang sama.

"Interaxle biasa dipakai saat truk melewati jalan menanjak yang licin atau berpasir, roda penggerak depan dan belakang harus punya putaran yang sama," jelas Latif.

Jika kontur jalan yang dilewati lebih ekstrim seperti bergelombang atau banyak lubang yang menyebabkan ban terperosok, barulah interwheel differential lock diaktifkan setelah inter axle.

Inter axle fungsinya menyamakan putaran roda depan - belakang, kalau interwheel fungsinya mengunci gardan sumbu roda kedua dan ketigia untuk menyamakan putaran roda penggerak kiri dan kanan.

"Saat kedua fitur ini aktif, keempat roda sumbu roda kedua dan ketiga depan belakang dan kiri kanan punya kecepatan putaran yang merata," tekan Latif.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa