Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Untuk Bantu Pengereman, Truk Scania Punya Rem Tambahan Dari Sini

Radityo Herdianto - Selasa, 10 Maret 2020 | 21:00 WIB
Retarder di Transmisi Opticruise Truk Scania R560 V8
Okkie / GridOto.com
Retarder di Transmisi Opticruise Truk Scania R560 V8

GridOto.com - Tidak seperti mobil biasa, truk biasanya memiliki sistem pengereman tambahan untuk menahan laju dengan muatan berat.

Seperti sistem rem pneumatik yang biasa disematkan pada truk, memanfaatkan tenaga angin sebagai tenaga tambahan untuk sistem pengereman truk.

Selain rem pneumatik, truk Scania punya teknologi rem tambahan yang membantu menahan laju truk saat melakukan pengereman.

"Di dalam transmisi Opticruise Scania sudah dilengkapi dengan fitur yang disebut Retarder," sebut Latif, Technical Consultant Scania PT United Tractors Tbk kepada GridOto.com.

Memanfaatkan tekanan oli transmisi di dalam girboks transmisi, fitur retarder berperan untuk menahan gerak mekanikal girboks.

Transmisi Otomatis Truk Scania R560 V8
Radityo Herdianto
Transmisi Otomatis Truk Scania R560 V8

(Baca Juga: Truk Elektrik dari Mitsubishi, Bisa Sejauh Ini Jarak Tempuhnya)

"Saat retarder aktif, aliran oli transmisi akan menghasilkan tekanan yang berlawanan dengan arah putaran girboks," jelas Latif.

Menurut Latif, fungsinya mirip dengan torque converter transmisi matik yang berputar untuk menghasilkan tekanan oli dari putaran mesin sehingga girboks ikut bergerak.

Bedanya, retarder berputar dengan arah yang berlawanan terhadap putaran girboks transmisi dengan tujuan memperlambat as roda penggerak dengan menahan putaran girboks.

Retarder truk Scania memiliki lima tingkatan yang pengoperasiannya dengan menarik tuas ke belakang.

"Semakin besar tingkatan retarder yang aktif, semakin besar juga tekanan oli transmisi yang menghambat putaran girboks," tekan Latif.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa