Gunung Merapi 'Batuk' Lagi, Ini Komponen Motor yang Bisa Bermasalah Karena Abu Vulkanik

Mohammad Nurul Hidayah,Ditta Aditya Pratama - Selasa, 3 Maret 2020 | 14:47 WIB
Motor langka nih, keguyur hujan abu vulkanik Gunung Merapi di Yogyakarta
Istimewa
Motor langka nih, keguyur hujan abu vulkanik Gunung Merapi di Yogyakarta

GridOto.com - Efek dari erupsi kecil Gunung Merapi di Yogyakarta, Selasa (3/3/2020), beberapa daerah sekitar DIY seperti Solo tempat redaksi GridOto.com pun dihujani abu.

Abu vulkanik jangan disepelekan sebab punya karakteristik berbeda dengan debu yang biasa menempel di kendaraan.

“Kandungan material pada abu vulkanik mengandung SiO2 atau pasir kuarsa yang biasa digunakan untuk membuat gelas,” jelas Dedi Junaedi, selaku Service Manager, Honda Megatama, Kalimalang, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu buat kendaaan yang baru saja dihujani abu, jangan langsung dilap karena berpotensi bikin cat jadi baret.

(Baca Juga: Waspada Berkendara, Abu Vulkanik Membuat Jalan Menjadi Licin)

"Kalau ada abu yang menempel ke cover body, langsung siram dengan air. Jangan langsung dilap saat kondisinya kering," tambah Shoimurrohman, kepala bengkel Astra Motor Solo Baru kepada GridOto.com.

Namun Shoim, begitu ia biasa disapa, mengungkapkan pengguna motor enggak perlu terlalu khawatir efeknya pada mesin kendaraan bila masih pakai filter udara.

"Kalau open filter jelas beresiko. Mungkin enggak bikin mesin langsung jebol, tapi pasti dirasakan kinerja mesin jadi terganggu dan mudah muncul kerak," ungkapnya.

Nah jika kondisi abu tebal dan masih saja nekat pakai motor open filter, tentu partikel yang masuk akan lebih banyak dan bikin kerusakan mesin lebih parah lagi.

Gunung Merapi Kembali Erupsi dengan Ketinggian Capai 6.000 Meter, BPPTKG Himbau Masyarakat Antisipasi Gangguan Abu Vulkanik
IG @BPPTKG
Gunung Merapi Kembali Erupsi dengan Ketinggian Capai 6.000 Meter, BPPTKG Himbau Masyarakat Antisipasi Gangguan Abu Vulkanik

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa