Segera Cuci Motor Sehabis Terjang Banjir, Ini Efeknya Kalau Dibiarkan

Muhammad Farhan - Kamis, 27 Februari 2020 | 14:40 WIB
Ilustrasi cuci motor
DOK. MOTOR PLUS
Ilustrasi cuci motor

GridOto.com - Habis terjang jalanan yang tergenang banjir sebaiknya segera cuci motor, inilah efek negatif yang bakal timbul kalau dibiarkan.

Terdiri dari campuran air hujan yang bersifat asam dan kotoran, tentu dapat berefek buruk bagi beragam komponen di motor.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, mencuci motor adalah hal paling mudah yang bisa kalian lakukan.

"Kalau dibiarkan dan tidak segera dicuci, kotoran yang melekat di motor bakal lebih sulit dibersihkan nantinya," ujar Aldi Garibaldi, dari Restomax Moto Detailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Banjir Lagi, Segini Batas Aman Lewati Jalanan Banjir Pakai Motor)

Mulai dari bagian bodi plastik, membiarkan kotoran dan bekas air hujan melekat dapat berisiko membuat tampilannya cepat kusam dan timbul noda air.

"Sedangkan bagian komponen besi seperti di kaki-kaki motor, selain bikin kusam juga membuat peluang munculnya karat," terangnya.

Area letak menumpuknya kotoran setelah motor menerjang hujan
Farhan
Area letak menumpuknya kotoran setelah motor menerjang hujan

Khusus buat motor dengan pendingin oli atau cairan, kisi-kisi radiatornya juga bisa tersumbat kotoran kalau malas dibersihkan.

"Seandainya tidak sempat untuk cuci motor, setidaknya bilas motor menggunakan air bersih sehabis menerjang banjir," yakin Aldi.

(Baca Juga: Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Motor yang Terendam Banjir)

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa