Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nekat Bawa Motor ke Sekolah, Siswa SMP di Yogyakarta Bisa Kena Sembur Bhabinkamtibmas

Gayuh Satriyo Wibowo - Jumat, 14 Februari 2020 | 09:54 WIB
Bripka Kustapa memberikan teguran kepada pelajar SMP yang menggunakan motor ke sekolah
Istimewa
Bripka Kustapa memberikan teguran kepada pelajar SMP yang menggunakan motor ke sekolah

GridOto.com -Salah satu fokus dari Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah menangani kejahatan jalanan yang sebagian besar dilakukan pelajar.

Hal tersebut diaplikasikan salah satunya oleh Bripka Kustapa, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Girimulyo, Kulonprogo.

Ia memberikan teguran kepada para pelajar yang berangkat sekolah menggunakan sepeda motor di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di sana, Rabu (12/2).

"Ada beberapa siswa uang kedapatan membawa motor, langsung kami tegur dan beri pengertian," terangnya dilansir dari Tribunjogja.com.

(Baca Juga: Pelajar SMP Asal Lumajang Kepergok Pakai Motor Bodong, Polisi Lakukan Ini)

Hal yang dilakukan Kustapa merupakan lanjutan dari mandat Kapolda DIY, Irjen Polisi Asep Suhendar ke jajarannya beberapa waktu lalu.

Melalui Wakapolda DIY, Brigjend Pol Karyoto, Kapolda DIY meminta jajarannya untuk mengedepankan fungsi dari Bhabinkamtibmas untuk memberikan arahan kepada pelajar-pelajar di sekolah.

"Sekarang patroli terus tingkatkan dari (Direktorat) Binmas jalan-jalan ke sekolah untuk memberikan arahan, dan kami juga sosialisasikan anak-anak SMP jangan pakai motor," ujar Wakapolda DIY, Senin (10/2).

Tindakan tersebut sebagai langkah preventif kejahatan jalanan yang pelakunya kebanyakan masih pelajar.

(Baca Juga: Sang Ayah Tak Mampu dan Tuna Netra, Siswa SMP Ini Nekat Curi Suzuki Satria FU Penjaga Warung Kopi)

Dirinya berharap tidak ada lagi pelajar SMP yang menggunakan motor di wilayah DIY.

"Bahkan tidak hanya anak-anak SMP, anak-anak SMA pun kami batasi, hanya yang memiliki SIM yang diperbolehkan menggunakan sepeda motor," ucapnya.

Karyoto juga berharap adanya peran orang tua dan lingkungannya, sehingga semua pihak perlu bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah ini.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul "Jajaran Polda DIY Berikan Teguran ke Pelajar SMP yang Bawa Motor ke Sekolah"

Editor : Dida Argadea
Sumber : Tribunjogja.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa