Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenapa Polisi Indonesia Enggak Pakai Moge Sport Full Fairing? Ternyata Ini Alasannya

Ditta Aditya Pratama - Jumat, 14 Februari 2020 | 08:02 WIB
Polisi dengan BMW S1000RR di Amerika Serikat
William Lovelace
Polisi dengan BMW S1000RR di Amerika Serikat

GridOto.com - Kalau memperhatikan motor polisi yang digunakan di Indonesia, rata-rata memang motor sport naked alias bukan motor berfairing.

Coba kita absen beberapa motor polisi Indonesia yang digunakan sekarang, ada Yamaha Diversion XJ900P, FJR 1300, Harley-Davidson Electra Glide Ultra Classic, Honda Gold Wing, BMW R 1200 GS, R 1200 RT, K 1600 B, Victory Vision Commander Police, hingga Honda VFR800X Crossrunner.

Sekarang melihat ke luar negeri, bahkan BMW S1000RR pun dipakai sebagai motor patroli polisi dan sering digunakan untuk pengejaran terhadap pelanggar lalu lintas.

Sebab kalau melihat performa, dengan cc yang sama biasanya motor sport fairing punya power dan torsi yang unggul ketimbang motor naked karena aerodinamikanya.

(Baca Juga: Ducati 750SS Berubah Makin Garang Ganti Gaya Scrambler Oleh LL Motorcycles)

Aiptu Bambang Margono, Instruktur Safety Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya Indonesia, mengatakan, motor sport full fairing dinilai tidak etis untuk melakukan pengawalan, karena posisi berkendaranya yang membungkuk.

"Seorang pengawal harus terlihat tegap, tapi tetap terampil. Dengan gaya motor ini, dibutuhkan latihan yang lebih berat dibanding road race," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Lalu bagaimana untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku kriminal, Bambang menambahkan tidak harus harus motor sport full fairing.

Logis memang kalau melihat lagi keadaan di Indonesia jelas berbeda dengan di luar negeri yang polisinya pun harus pakai motor kencang untuk mengejar pemotor nakal yang rata-rata pakai moge.

Ducati Panigale 1199 jadi motor polisi di Inggris
Flickr.com
Ducati Panigale 1199 jadi motor polisi di Inggris

Bambang menambahkan setiap polisi sudah dibekali teknik dasar yang mengadopsi teknik road race dan motocross untuk melakukan pengejaran terhadap pelanggar lalu lintas.

Sedangkan untuk kebutuhan patroli yang bisa memakan waktu berjam-jam tentunya polisi menginginkan kendaraan dinas yang nyaman.

Sebab moge polisi Indonesia juga umumnya dilengkapi dengan berbagai aksesori tambahan, seperti rotator dan sirene.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Polisi Tidak Pakai Motor Sport Full Fairing?"

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa