Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility

Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Pemuda Zaman Now Gunakan Kendaraan Listrik, Apa Saja Manfaatnya?

M. Adam Samudra - Senin, 10 Februari 2020 | 13:53 WIB
Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona electric
Otomotif.kompas.com
Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona electric

GridOto.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong penggunaan kendaraan listrik, baik motor maupun mobil, bisa terus meningkat dan menjadi tren baru di Indonesia.

Selain ramah lingkungan, ekonomis serta efisien, kendaraan listrik akan menjadi alat tranportasi utama di masa depan.

"Saya sejak awal 4 tahun lalu sebagai ketua DPR RI sudah mendorong masyarakat untuk migrasi dari mobil berbahan baku minyak ke listrik," kata Bambang kepada GridOto.com di Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Sebelumnya, Bamsoet juga sudah menggunakan mobil listrik TESLA sebagai kendaraan harian.

(Baca Juga: Listrik Padam Berkelanjutan, Coba Pakai Alat Ini Buat di Mobil)

"Waktu itu saya memasyarakatkan Tesla agar masyarakat segera imigrasi. Memang harganya sangat mahal, tapi disitu harus didorong oleh komitmen Pemerintah misalanya insentif tidak kena pajak srhingga bisa murah kendaraan tersebut. Karena kendaraan masuk sini sangat mahal. Kalau dibebaskan maka sama seperti mobil menegah kebawah," tuturnya.

Ia mengatakan, sudah saatnya masyarakat memulai mengganti kendaraan listrik. Hal itu, kata dia, bertujuan mengurangi polusi udara dan ramah lingkungan.

"Masyarakat sudah saatnya mulai hari ini kendaraan berbahan bakar minyak itu harus migrasi ke listrik agar secara polusi makin ramah lingkungan," kata Bamsoet

Bahkan, Bamsoet membeberkan bukti betapa mobil listrik jauh lebih ekonomis. Cuma butuh waktu enam jam untuk mengecas sumber daya mobil listrik hingga penuh.

(Baca Juga: Listrik Padam, Auto2000: Kami Memiliki Genset yang Memadai)

"Mengecas di rumah enam jam full untuk berjalan 350 kilometer. Jadi kalau hanya putar-putar di Jakarta dan pulang pergi rumah-kantor cukup seminggu sekali nge-charge,” tuturnya.

Dari segi perawatan pun sangat murah. Bahkan, kata Bamsoet, mobil listrik nyaris tanpa biaya perawatan.

“Mobil ini nyaris tanpa perawatan. Sangat ramah lingkungan pula. Karena tidak ada mesin, maka tidak perlu ganti oli dan lain sebagainya. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa